Sukses

LIPI Temukan Ratusan Mikroba Jenis Baru

Pusat Penelitian Bioteknologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia menemukan ratusan isolat mikroba jenis baru di 13 daerah di Indonesia. Dari jenis yang ditemukan, sebagian di antaranya memiliki fungsi signifikan sebagai unsur bahan antibiotik.

Liputan6.com, Jakarta: Pusat Penelitian Bioteknologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (PPB-LIPI) menemukan ratusan isolat mikroba jenis baru di 13 daerah di Indonesia seperti Jambi, Bogor, Purwodadi, Lombok hingga Kupang. "Dari penelitian dan identifikasi awal terhadap 6.500 mikroba, 30 persen merupakan isolat mikroba yang kemungkinan jenis baru," kata peneliti PPB-LIPI Dr. Puspita Lisdiyanti di Jakarta, pertengahan Juni ini.
 
Dari 10 jenis mikroba yang dipublikasikan, di antaranya terdapat jenis actinomycetes. Menurut Puspita, mikroba tersebut memiliki fungsi signifikan sebagai unsur bahan antibiotik yang berguna bagi manusia. Pasalnya, jenis actinomycetes berkontribusi sebanyak dua pertiga bahan antibiotik di dunia. Sementara sisanya, sebanyak sepertiga bahan antibiotik berasal dari fungi atau jamur, sintesa kimia, serta beberapa dari bakteri.
 
Isolasi mikroba yang telah dilakukan PPB-LIPI akan menjadi pijakan bagi kolaborasi penelitian berikutnya dengan Pusat Penelitian Kimia LIPI, untuk mencari enzim atau bahan aktif yang bisa bermanfaat mengatasi penyakit. "Misalnya enzim helikase untuk menghambat pertumbuhan virus hepatitis dan enzim manakase yang berguna untuk mendegradasi biomassa seperti sampah," kata dia.
 
Beberapa waktu silam, hasil kolaborasi riset dari 100 isolat PPB-LIPI dengan lab kimia LIPI juga menemukan bahan aktif mikroba yang arahnya sebagai obat osteoporosis.(ANT/EPN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.