Sukses

Endoskopi, Kapsul Remote Kontrol Dalam Tubuh

Peneliti Jepang mengembangkan endoskopi atau kapsul "remote control" yang bergerak dalam tubuh manusia, serta efektif untuk memeriksa konsisi kesehatan dalam tubuh pasien.

Liputan6.com, Osaka: Peneliti Jepang mengembangkan endoskopi atau kapsul remote control yang bergerak dalam tubuh manusia. Alat ini lebarnya cuma satu centimeter, serta panjangnya hanya 4,5 centimeter. Tapi alat mungil ini sangat efektif untuk memeriksa kondisi kesehatan dalam tubuh pasien. 
 
"Perangkat ini memungkinkan bagi dokter untuk memeriksa setiap bagian tubuh pasien," ungkap Profesor Kazuhide Higuchi, ketua penelitian, seperti dilansir dari Kantor Berita NHK, Selasa (21/6). Para peneliti dari Osaka Medical College dan Universitas Ryukoku menggunakan perangkat ini untuk melihat kondisi dalam perut dan usus besar pasien.
 
Higuchi menambahkan, seluruh sistem pencernaan pasien dapat dipindai dalam beberapa jam dengan bantuan sedikit stres fisik. Ia juga berharap alat itu dapat mendeteksi dini kanker dan penyakit lain.(AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini