Sukses

Jepang Ciptakan Robot untuk Reaktor Fukushima

Ilmuwan Jepang dari Institut Teknologi Chiba menciptakan dua robot yang akan dipekerjakan di reaktor nuklir Fukushima pada Maret mendatang. Satu robot dilengkapi dengan alat pengukuran radiasi, sedangkan satu lainnya terdapat scanner untuk memindai ruang tiga dimensi.

Liputan6.com, Tokyo: Bersama dengan Korea Selatan, Jepang dikenal sebagai macan asia, karena kecanggihan teknologinya. Laman NHK, Senin (30/1), mewartakan, ilmuwan Jepang dari Institut Teknologi Chiba baru saja menciptakan dua robot yang akan dipekerjakan di reaktor nuklir Fukushima pada Maret mendatang.

Kedua robot ini merupakan yang kali kedua setelah sebelumnya diciptakan robot pertama pada Juni tahun lalu. Robot pertama digunakan untuk menyusup reaktor yang saat itu rusak akibat gempa dan tsunami. Robot ini telah digunakan untuk mengukur radioaktivitas dan mengambil rekaman video di dalam gedung reaktor. Namun, pada Oktober lalu, robot ini rusak karena ada gangguan korsleting pada kabel.

Sementara model dari robot kedua ini lebih canggih. Pasalnya, model baru ini dilengkapi dengan sabuk enam arah yang memungkinkan robot dapat lebih bebas bergerak di atas puing-puing serta bisa lebih mudah naik turun tangga. Selain itu, robot ini juga disisipi sistem komunikasi nirkabel, sehingga dapat berkomunikasi dengan dunia luar.

Ada perbedaan dari kedua robot baru ini. Yang satu dilengkapi dengan alat pengukuran radiasi. Sedangkan satu lainnya dilengkapi dengan scanner untuk memindai ruang tiga dimensi.(BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini