Sukses

Gunung Meletus, Ribuan Warga Mengungsi

Pasca meletusnya Gunung Merapi, ribuan warga terus yang tinggal di sekitar lereng gunung terus memadati Jalan Kaliurang untuk mengungsi, Selasa (26/10) malam.

Liputan6.com, Yogyakarta: Pasca meletusnya Gunung Merapi, ribuan warga terus yang tinggal di sekitar lereng gunung terus memadati Jalan Kaliurang untuk mengungsi, Selasa (26/10) malam. Jalan yang menjadi salah satu daerah tujuan wisata di Yogyakarta ini merupakan salah satu ruas jalan yang disiapkan untuk evakuasi warga.

Pemerintah Daerah Sleman sudah membagikan ribuan masker pada warga yang mengungsi. Hingga saat ini hujan debu vulkanik masih terus terjadi. Sementara sirine bahaya di Kaliurang, Sleman, terus berbunyi sejak pukul 17.57 WIB. Pada pukul 18.05 WIB, Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian (BPPTK) Yogyakarta menarik semua petugas dari pos pengamatan.

Gunung Merapi meletus dengan mengeluarkan awan panas, sejak pukul 17.02 WIB. "Sejak 17.02 WIB hingga 17.34 WIB terjadi empat kali awan panas dan sampai sekarang awan panas terus muncul susul menyusul tidak berhenti," kata Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Badan Geologi Surono di Yogyakarta.(AYB)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.