Sukses

Linier Akselator Sinergi, Penyembuh Kanker

Seiring berkembangnya teknologi kedokteran, kini ditemukan alat untuk mengatasi kanker, yaitu linier akselator sinergi. Alat ini mampu memberikan efek terapi radiasi maksimal pada sel kanker tanpa merusak jaringan normal di sekitarnya.

Liputan6.com, Jakarta: Kanker adalah salah satu penyakit yang merenggut banyak nyawa masyarakat Indonesia. Per tahunnya pertambahan jumlah penderita kanker mencapai 200 ribu orang dan diperkirakan pada 2030 jumlahnya akan meningkat lima kali lipat.

Namun seiring berkembangnya teknologi kedokteran, saat ini telah ditemukan alat untuk mengatasi penyakit tersebut, yaitu linier akselator sinergi. Linier akselator sinergi mampu memberikan efek terapi radiasi maksimal pada sel kanker tanpa merusak jaringan normal di sekitarnya.

Salah seorang yang pernah menggunakan alat ini adalah Sugiharto, penderita kanker paru-paru. "Kata dokter di Singapura, untuk kanker paru-paru tidak ada sympthom-nya, khususnya untuk orang Asia laki-laki dan tidak merokok," kata Sugiharto.

Biaya pengobatan dengan alat ini lebih murah 50 persen dari biaya rumah sakit di luar negeri. Menurut Kepala Departemen Radio Terapi Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta Pusat, Profesor Soehartati, angka keberhasilan kanker bukan berdasarkan kesembuhan. "Keberhasilan pengobatan dinilai dengan faktor, kelangsungan hidup dan angka kontrol lokal," kata Soehartati. Sementara itu, kanker sebenarnya dapat dicegah dengan menjalani pola hidup sehat.(YNI/Anastasya Putri dan Yuli Sasmito)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini