Sukses

Printer 3D Selamatkan Bayi Dari Penyakit Jantung

Menggunakan gambar yang diambil dari CT scan, peneliti dari Rapid Prototyping Center mampu menciptakan dan mencetak model 3D jantung.

Liputan6.com, Louisville Teknologi cetak 3D (3D printing) dilaporkan telah membantu memperlancar proses operasi jantung pada seorang bayi berusia 14 bulan. Teknologi tersebut memungkinkan para dokter untuk lebih mempersiapkan diri saat melakukan operasi.

Sebelum melakukan pembedahan pada pasien, para dokter terlebih dahulu mencetak model jantung bayi tersebut menggunakan printer 3D yang dibuat oleh tim J.B Speed School of Engineering di University of Louisville, Amerika Serikat.

Kepala Radiologi di Rumah Sakit Anak Kosair, Philip Dydysnki melakukan pendekatan ketika ia dan tim medis lainnya sedang mencari cara untuk mengobati Roland Lian Cung Bawi, demikian nama bayi yang terlahir dengan empat cacat jantung tersebut.

Menggunakan gambar yang diambil dari CT scan, peneliti dari Rapid Prototyping Center mampu menciptakan dan mencetak model 3D jantung milik Roland yang 1,5 kali lebih besar dari ukuran aslinya.

Mengutip laman Gizmag, model jantung tersebut dirancang menggunakan material filamen fleksibel dengan waktu pengerjaan sekitar 20 jam dan memakan biaya sebesar US$ 600 atau sekitar Rp 7 juta.

Ahli bedah kardiotoraks Erle Austin III kemudian menggunakan model jantung itu untuk menyusun proses pembedahan. Tak disangka, dengan cara itu ia dan timnya mampu melakukan perbaikan empat cacat jantung hanya dalam satu kali operasi.

"Saya menemukan model yang tepat untuk melakukan operasi pada cacat jantung bawaan yang kompleks," kata Austin. Setelah keluar dari rumah sakit, Roland dikabarkan dalam kondisi kesehatan yang sangat baik.


Baca juga:
Unik, Beginilah Jadinya Jika Vespa `Kawin` Dengan Segway!
Tak Cuma Manusia, Smartphone Juga `Konsumsi` Gula!
Unik, Jam Tangan Cerdas Tanpa Jarum dan Angka!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini