Sukses

Microsoft Bakal Gratiskan Sistem Operasi Windows 8.1?

Sebelumnya Microsoft juga sempat dikabarkan akan menurunkan harga lisensi penggunaan Windows Phone hingga 70%.

Liputan6.com, Jakarta Guna menggenjot pertumbuhan jumlah pengguna sistem operasi terbarunya, Microsoft berusaha melakukan berbagai langkah strategis. Tak tanggung-tanggung, setelah sempat dikabarkan bakal menurunkan harga lisensi penggunaan Windows Phone hingga 70%, kini perusahaan yang didirikan Bill Gates itu dirumorkan sedang merancang sistem operasi Windows 8.1 versi gratis.

Dilansir laman Techcrunch, Senin (3/3/2014), sebuah versi sistem operasi bernama 'Windows 8.1 with Bing' dilaporkan bocor dan beredar luas di internet. Kuat dugaan jika sistem operasi tersebut rencananya memang akan dibagikan secara cuma-cuma oleh Microsoft.

Lebih lanjut dijelaskan, sebelumya Microsoft selalu melabeli sistem operasi personal computer (PC) besutan mereka dengan biaya lisensi. Namun diyakini Microsoft kini akan mencoba meraup keuntungan dengan cara lain. Mereka diprediksi akan menjejali sistem operasi Windows 8.1 with Bing dengan iklan digital.

Hal tersebut menjadi masuk akal karena di dalam Windows 8.1 versi gratis itu disertakan aplikasi mesin pencari Bing versi khusus. Di dalamnya nanti akan ada banyak fasilitas iklan dan promo digital lainnya.

Maka dari itu, sistem operasi ini dinilai memang bukan untuk menyasar segmen konsumen yang membutuhkan kinerja, karena produktivitas pengguna mungkin akan sedikit terganggu dengan kehadiran iklan digital.

Sejauh inii memang belum ada konfirmasi resmi dari pihak Microsoft terkait spekulasi yang beredar itu. Namun jika memang benar adanya, diperkirakan sistem operasi gratisan itu tetap akan mampu menarik minat mayoritas pengguna mengingat nama besar Windows di pasar sistem operasi PC.

Baca juga:
Harga Lisensi Windows Phone Akan Turun Hingga 70%
Update Windows Phone 8.1 Dirilis Bulan Depan
`Siri` Versi Windows Phone Kuasai 15 Bahasa
April, Microsoft Perkenalkan Fitur Pesaing Siri dan Google Now
Windows Phone 8.1 Dirilis Awal Tahun 2014?
Saingi Siri, Microsoft Kembangkan Asisten Pribadi Cortana
Windows Phone 8.1 Sedang Diuji Coba Secara Internal?

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini