Sukses

Layanan BBM Kembali Ngadat, Ini Penjelasan BlackBerry

Sejumlah pengguna BlackBerry di beberapa negara Asia Pasifik dan Kanada, termasuk Indonesia mengeluh jika mereka tidak bisa berkirim pesan.

Liputan6.com, Jakarta Layanan BlackBerry Messenger (BBM) kembali mengalami gangguan. Sejumlah pengguna BlackBerry di beberapa negara di Asia Pasifik dan Kanada, termasuk Indonesia mengeluh jika mereka tidak bisa berkirim pesan instan.

Pihak BlackBerry Indonesia mengkonfirmasi adanya gangguan tersebut dan meminta maaf. "Gangguan terjadi di Asia Pasifik dan Kanada. Namun pagi tadi sekitar jam 10-an pagi sudah normal secara berangsur-angsur," kata Yolanda Nainggolan, Public Relation Manager BlackBerry yang dihubungi, Rabu (5/3/2014).

Yolanda menambahkan, layanan BlackBerry yang mengalami gangguan hanya BBM, sedangkan browsing dan yang lainnya aman-aman saja. Belum diketahui apa yang menyebabkan tumbangnya layanan BBM.

"Penyebabnya lagi ditelusuri sama tim internal. Kami juga sudah menginformasikan gangguan ini kepada Kominfo," ujarnya lagi.

Menurut Yola laporan gangguan yang masuk parsial, ada yang merasa delay  dan ada yang sama sekali tidak bisa berkirim pesan.

Menurut situs Canadianoutages.com, berdasarkan laporan pengguna di Kanada, gangguan mulai terjadi sejak malam tadi. Gangguan disinyalir tidak mempengaruhi pengguna perangkat BlackBerry 10.

Salah satu pengguna, Sameer Hasham, mengatakan ia telah menghubungi pihak technical support  BlackBerry, dan BlackBerry mengakui bahwa gangguan terjadi pada semua perangkat BlackBerry kecuali BlackBerry 10.

Sejak tahun 2012 setidaknya layanan BlackBerry sudah mengalami gangguan beberapa kali. Gangguan pertama terjadi pada akhir Maret 2012 pada layanan email BlackBerry (BB). Gangguan email BB kembali terjadi di pertengahan Agustus 2012.

Gangguan ketiga terjadi di bulan Oktober 2012 pada layanan pesan singkat BlackBerry Messenger (BBM). Pada pertengahan Mei 2013 lalu, layanan internet BlackBerry pun kembali down.

Belakangan, gangguan di layanan BB kembali terjadi sejak pukul 11 siang, Rabu (3/7/2013) hingga pukul 00.30 Kamis (4/7/2013). Gangguan itu merupakan gangguan kelima sejak tahun 2012 dan merupakan yang kedua di tahun 2013. Dan di tahun 2014, layanan BlackBerry pun kembali ngadat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini