Sukses

Simbol Perempuan Berwarna-warni Hiasi Halaman Google

Google ikut merayakannya dengan membuatkan doodle khusus sebagai bentuk penghormatan terhadap perempuan.

Liputan6.com, Jakarta Setiap tanggal 8 Maret, seluruh perempuan di dunia memperingati Hari Perempuan Sedunia atau Women's Day. Google pun ikut merayakannya dengan membuatkan doodle  khusus sebagai bentuk penghormatan terhadap perempuan.

Jika Anda membuka homepage  Google, Anda akan melihat doodle  berupa 27 simbol kromosom perempuan berwarna-warni dengan warna khas Google seperti biru, merah, oranye dan hijau. Simbol itu terlihat seperti sedang menari-nari, satu kromosom di antaranya dibuat lebih besar dan disisipkan paket video.

Jika Anda meng-kliknya maka akan tampil video berisi para perempuan di seluruh dunia dari berbagai etnis. Dalam video itu, para wanita tersebut menyampaikan ucapan "Happy Women’s International Day" dalam beragam bahasa.

Doodle  tersebut dirancang oleh Google untuk memberikan gambaran sekilas tentang kegiatan positif yang dilakukan para perempuan di seluruh dunia. Aktivis hak pendidikan, Malala Yousafzai, dan pengusaha dan pekerja amal asal Inggris, Camila Batmanghelidjh ada dalam video itu. Bahkan presenter asal Indonesia Sarah Sechan dan karakter kartun Dora The Explorer ikut menghiasi perayaan Hari Perempuan Sedunia tahun ini.

Hari Perempuan Internasional sebenarnya telah dicanangkan sejak awal tahun 1900-an, saat itu sedang terjadi pergolakan di dunia dimana laju pertumbuhan penduduk sangat tinggi dan munculnya ideologi-ideologi radikal.

Hari Perempuan Nasional pertama kali diperingati di AS pada tanggal 28 Februari 1909. Lalu pada tahun 1910, Clara Zetkin, seorang Sosial Demokrat Jerman mengajukan ide tentang Hari Perempuan Internasional pada sebuah konferensi internasional tentang hak-hak perempuan di Kopenhagen, Denmark.

Pada 1920 hampir tidak pernah lagi Hari Perempuan Sedunia diperingati. Lalu pada tahun 1975, Hari Perempuan Sedunia akhirnya kembali diperingati pada setiap tanggal 8 Maret oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Selamat Hari Perempuan!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini