Sukses

iOS 7.1 Diklaim Kebal dari <i>Jailbreak</i>

Update firmware itu juga membawa perbaikan bug dan peningkatan kinerja. Dan yang terpenting adalah perbaikan terhadap praktik jailbreak.

Liputan6.com, Setelah berbulan-bulan menyiapkan update sistem operasi (OS) iOS 7.1, Apple akhirnya merilis platform mobile terbarunya itu untuk iPhone, iPad, dan iPod touch. Pembaruan ini memboyong beberapa peningkatan antarmuka pengguna dan hadirkan fitur baru, CarPlay.

Update firmware itu juga membawa perbaikan bug dan peningkatan kinerja. Dan yang terpenting adalah perbaikan terhadap praktik jailbreak yang disediakan oleh evasi0n. Perbaikan tersebut memungkinkan iOS 7.1 untuk menjadi kebal terhadap praktik jailbreak yang menggunakan tool jailbreak untethered `evasi0n 7`.

Hal itu berarti semua pengguna yang meng-upgrade ke iOS 7.1 akan kehilangan jailbreak mereka saat ini dan tidak akan bisa downgrade ke iOS 7.0.6 sehingga mereka akan terjebak di iOS 7.1 tanpa jailbreak.

Dengan tertutupnya celah jailbreak di iOS 7.1, diharapkan para pengguna iDevice yang melakukan jailbreak pada gadget mereka tidak segera melakukan upgrade ke iOS 7.1 jika tidak ingin jailbreak pada perangkat mereka hilang.

"Jailbreakers diharapkan untuk menjauh dari iOS 7.1! Setelah Anda meng-upgrade, Anda tidak akan bisa downgrade lagi," kicau hacker legendaris iOS @MuscleNerd di akun Twitter-nya, seperti dikutip dari Ubergizmo.

Pun demikian, @MuscleNerd mengatakan bahwa tim evasi0n akan menemukan sistem eksploitasi lain di mana mereka dapat membangun alat jailbreak secara bertahap. "Untethered jailbreak iOS 7.1 memang tidak mungkin, tetapi itu tidak berlangsung lama," tegasnya.

Akan tetapi @MuscleNerd tidak mengatakan dengan pasti berapa waktu yang dibutuhkan untuk mengembangkan jailbreak iOS 7.1. Namun menurut beberapa pihak, merancang eksploitasi membutuhkan waktu selama beberapa bulan.

Baca juga: 
Ferrari FF jadi Mobil Pertama dengan Sentuhan Apple
Pilih Kasih, Apple Rilis Update iOS 7.0.5 Hanya di Negara Ini?
Adopsi iOS 7 Mulai Melambat
Aplikasi Asal China Invasi Apple AppStore
CEO Apple: iPhone 5C Mengecewakan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini