Sukses

Yuk, Bantu Cari Malaysia Airlines yang Hilang via Situs Ini

Digital Globe telah mengarahkan dua satelit untuk menjelajahi zona pencarian pesawat di atas Teluk Thailand dan Laut Cina Selatan.

Liputan6.com, Jakarta Misteri hilangnya pesawat Malaysia Airlines MH370 hingga kini belum terungkap. Namun bagi yang ingin membantu, para pengguna internet bisa membantu mencari keberadaan pesawat tersebut lewat internet dengan mengunjungi situs Tomnod.com.

Sebuah perusahaan swasta penyedia citra satelit, Digital Globe telah mengarahkan dua satelit untuk menjelajahi zona pencarian di atas Teluk Thailand dan Laut Cina Selatan. Citra-citra itu disiarkan melalui situs tomnod.com.

Di situs ini Anda dapat melihat sejumlah citra bersolusi tinggi dari wilayah yang diduga tempat terakhir pesawat tersebut berada sebelumnya akhirnya hilang kontak.

Anda dapat menyisir setiap citra, menandai lokasi-lokasi penting dan objek yang diduga sebagai puing pesawat. Citra lokasi akan diperbarui secara teratur. Jika lokasi atau objek banyak ditandai, maka nantinya akan dijadikan prioritas untuk dievaluasi oleh para ahli, untuk selanjutnya diberitahukan kepada pihak berwenang.

DigitalGlobe melakukan kampanye online ini untuk membantu menemukan pesawat Boeing 777 tersebut yang menghilang dari layar radar setelah memasuki Teluk Thailand. Pesawat ini menghilang secara misterius Sabtu lalu dengan membawa 239 penumpang, dalam penerbangan dari Malaysia ke Beijing.

DigitalGlobe diketahui juga menyediakan citra untuk Google. Perusahaan ini mengakuisisi Tomnod pada tahun 2013. Situs ini pernah digunakan oleh ribuan sukarelawan untuk menandai 60.000 objek setelah topan melanda Filipina dalam 24 jam pertama  pada bulan November 2013 lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini