Sukses

Ini Foto Selfie Yang Menggemparkan Dunia

Salah satu foto Selfie yang menghebohkan jagat media sosial adalah Selfie Presiden Amerika Serikat, Barack Obama.

Liputan6.com, Jakarta Tak hanya kalangan biasa, virus Selfie juga menjangkit para selebriti, politisi, hingga presiden. Salah satu foto Selfie yang menghebohkan jagat media sosial adalah Selfie Presiden Amerika Serikat, Barack Obama saat kemenangannya di Pemilu Presiden pada 7 November 2012.

Foto Selfie itu menampilkan dirinya yang sedang memeluk Ibu Negara, Michelle Obama, dengan tulisan `Four More Year`, yang mendeskiripsikan bahwa ia masih akan menjabat sebagai Presiden AS selama empat tahun lagi. Foto yang diunggah di laman Twiitter resminya, @BarackObama ini berhasil memperoleh retweet sebanyak 780 ribu kali.

Namun setelah dua tahun bertahan sebagai foto yang mencetak retweet terbanyak, akhirnya rekor tersebut dikalahkan oleh Selfie yang dibuat oleh komedian Ellen DeGeneres pada ajang penghargaan Piala Oscar, Minggu 2 Maret 2014.


Pecahkan Rekor Selfie Obama

http://cdn-e.production.liputan6.static6.com/medias/650635/big/selfie%20hollywood.png?t=166645030
Dalam foto tersebut, wanita kelahiran 26 Januari 1958 ini mengajak para tamu undangan penghargaan Piala Oscar yang merupakan selebriti terkenal, seperti Jennifer Lawrence, Meryl Streep, Bradley Cooper, Peter Nyong'o Jr, Channing Tatum, Julia Roberts, Kevin Spacey, Brad Pitt, Angelina Jolie, dan Jared Leto.

Mengutip laman Mashable, Jumat (14/3/2014), dalam kurun waktu 3 menit, tweet Selfie itu di-retweet lebih dari 80 ribu kali. Kemudian menembus rekor retweet pada pukul 10.40 PM dan pada pukul 11.05 PM menjadi tweet pertama yang di retweet lebih dari 1 juta kali. Dan pada 5 Maret 2014, jumlah retweet mencapai 3,25 juta kali.

Saking banyaknya yang me-retweet postingan itu, Buzzfeed melaporkan Ellen dihubungi oleh pihak Twitter usai acara Piala Oscar yang memberi tahu bahwa aktivitas tweet-nya sempat menimbulkan gangguan di sistem media sosial besutan Jack Dorsey itu.


Tampil Dengan Berbagai Versi

http://cdn-e.production.liputan6.static6.com/medias/650631/big/lego-oscar-selfie-remake__oPt.jpg?t=249308916
Saking fenomenalnya, aksi Selfie Ellen bersama deretan artis kenamaan ini muncul dalam berbagai versi. Versi potret yang banyak di-retweet adalah foto dengan tampilan Angelina Jolie yang tidak terlihat dan wajah Jared Letto yang terpotong.

Uniknya, foto yang menampilkan puluhan artis tersebut juga dibuat serupa karakter serial komedi The Simpson. Foto kreatif itu diunggah ke Twitter dengan judul `@TheEllenShowOscar Selfie: a wider view #thesimpson`. Aktor yang ada di dalam foto ini pun ikut me-retweet-nya.

"Akhirnya saya resmi bergabung @TheSimpsons! #Oscar," tulis Leto di akun Twitter pribadinya @JaredLeto. Yang tak kalah menarik adalah versi Lego, di mana para artis yang berada di dalam foto itu dibuat tampak mirip dengan mainan asal Denmark tersebut.


Selfie Terbaik 2013

http://cdn-e.production.liputan6.static6.com/medias/650633/big/Selfie%20astronot.jpg?t=2013605131
Di sisi lain foto yang didapuk sebagai Selfie terbaik sepanjang tahun 2013 adalah foto Selfie milik Mike Hopkins, seorang astronot dari lembaga antariksa NASA. Foto itu diunggah ke akun Instagram NASA pada hari Jumat 27 Desember 2013.

Dilansir laman Sploid, dalam foto tersebut tampak Hopkins mengenakan pakaian astronot yang tengah mengapung di luar angkasa, tepatnya di depan planet Bumi. Saat itu Hopkins sedang mengganti pompa air yang rusak di bagian luar Stasiun Luar Angkasa Internasional pada malam natal, 24 Desember 2013.

Potret itu didapuk sebagai foto Selfie terbaik di tahun 2013 karena terbilang ekstrim dan lain daripada yang lain. Aksinya itu mendapat tanggapan luar biasa dari para pengikutnya di Instagram.  


Baca juga:
Selfie Sudah Ada Sejak Tahun 1800-an
Ungkap Rahasia di Balik Foto Selfie
2014, Ratusan Miliar `Selfie` Akan Penuhi Dunia Maya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.