Sukses

Facebook-Ericsson Berduet Demi Sebuah Misi Besar

Ericsson akan membantu Facebook dan pengembang aplikasi untuk menyimulasikan jaringan yang berbeda dari berbagai wilayah di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Internet dan jaringan adalah dua hal yang tak dapat dipisahkan. Untuk memperluas akses internet ke negara berkembang, perusahaan raksasa social media Facebook dan raksasa penyedia jaringan Ericsson membangun sebuah laboratorium inovasi.

Lab ini hadir untuk mendukung inisiatif Internet.org, serta menyediakan fasilitas dan keahlian untuk mengoptimalkan aplikasi, jaringan, perangkat, dan layanan untuk 5 miliar pengguna internet. Rencananya lab tersebut akan dibuka pada semester kedua 2014 di kampus Facebook di Menlo Park, California.

Dalam kerjasama ini, melalui keterangan tertulis Ericsson mengatakan akan membantu Facebook dan para pengembang aplikasi untuk menyimulasikan lingkungan jaringan yang berbeda dari berbagai wilayah di belahan dunia.

"Dengan laboratorium ini, para pengembang akan bisa menyimulasikan kondisi jaringan yang khusus ditemukan di berbagai pasar baru, memberikan mereka lingkungan untuk menguji dan mengoptimalkan aplikasi mereka dalam sejumlah skenario berbeda," kata Jay Parikh, Vice President of Infrastructure Engineering Facebook.

Saat ini para pengembang hanya memiliki akses ke lingkungan jaringan sesuai lokasi fisik mereka. Dengan konsumen yang saat ini beroperasi dalam lingkungan jaringan berbeda (2G, 3G, 4G, WiFi), sistem operasi mobile yang beragam, dan berbagai perangkat; kompleksitas yang dihadapi pengembang sangat banyak. Lab ini akan memfasilitasi beragam lingkungan jaringan untuk menguji dan mengoptimalkan seluruh kinerja dalam satu lokasi.

Internet.org dibentuk untuk menyediakan ketersediaan akses bagi dua per tiga penduduk dunia yang masih belum terkoneksi. Ericsson sudah lebih dari 100 tahun berpengalaman menjembatani kesenjangan digital, termasuk membuat biaya akses terhadap internet terjangkau, menggunakan data lebih efisien dan membantu pertumbuhan bisnis.

"Tujuan Internet.org seiring dengan cita-cita jangka panjang kami bahwa komunikasi merupakan kebutuhan dasar manusia", kata Johan Wibergh, Executive Vice President and Head of Business Unit Networks Ericsson.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.