Sukses

Produk Apple Mengandung Zat Kimia Berbahaya?

Green America mengklaim menemukan zat berbahaya seperti benzena dan n-heksana pada produk Apple.

Liputan6.com, California Kelompok aktivis lingkungan hidup yang tergabung dalam komunitas Green America baru-baru ini melancarkan aksi protes dan mengancam akan memboikot produk-produk besutan Apple. Mereka menuduh Apple menggunakan zat-zat berbahaya pada material yang digunakan di perangkat iPhone, iPod, dan iPad.

Mengutip laman Phone Arena, Green America mengklaim menemukan zat berbahaya seperti benzena dan n-heksana pada produk Apple. Mereka mengultimatum Apple untuk segera memperbaiki proses produksi perangkatnya agar tidak membahayakan pengguna dan terutama para pekerja di manufaktur Apple yang berbasis di China.

Lebih lanjut dijelaskan, para ahli dari Green America memperkirakan Apple sebenarnya hanya perlu menambah biaya sebesar USD 1 per perangkat untuk menambah proses pembersihan kandungan kimia berbahaya dalam mata rantai produksi.

Namun pihak Apple tentu saja tak langsung menerima tuduhan tersebut. Mereka bahkan dengan tegas menyangkal adanya kandungan berbahaya di produk besutannya.

"Tahun lalu, kami telah menginspeksi 200 pabrik dan berfokus pada senyawa kimia berbahaya untuk memastikan pabrik-pabrik tersebut memiliki kesesuaian dengan standar Apple," tulis Apple melalui keterangan resminya yang dipublikasikan."

Hingga kini belum diketahui bagaimana kelanjutan aksi protes klompok Green America terhadap Apple. Namun yang pasti, hal ini menambah buruk citra Apple di sektor manufaktur. Sebelumnya mereka juga sempat dituduh tidak menyediakan fasilitas yang layak bagi para pekerja pabriknya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.