Sukses

Jelang Pesta Rakyat, Aplikasi Mobile Pemilu Bermunculan

Pesta rakyat lima tahunan banyak menarik minat para pengembang untuk berpartisipasi menyediakan aplikasi mobile yang berkaitan Pemilu.

Liputan6.com, Jakarta Pemilihan umum (Pemilu) Indonesia sudah diambang mata. Pesta rakyat lima tahunan itu ternyata banyak menarik minat para pengembang untuk berpartisipasi menyediakan aplikasi mobile  yang berkaitan dengan Pemilu.

Tim Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) pun menggelar lomba Hackathon API untuk mewadahi minat para pengembang. Lomba digelar tanggal 8-9 Maret 2014 lalu di Bandung Digital Valley, Jawa Barat.

Kompetisi ini diklaim sebagai bagian dari partisipasi masyarakat sipil untuk pesta rakyat Indonesia. Dalam kompetisi tersebut Perludem menyediakan data para calon legislatif yang disediakan dari hasil keterbukaan data Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Kompetisi ini berfungsi sebagai penguatan pemilihan di Pemilu 2014. Hal ini dimungkinkan salah satunya karena keterbukaan data dari KPU," ungkap Titi Anggraini, Direktur Eksekutif Perludem, Senin (17/3/2014).

Juri Ardiantoro sebagai Komisioner KPU mengaku mendukung adanya aplikasi mobile sebagai dukungan masyarakat terhadap Pemilu.

"Aplikasi ini bukan sebagai sesuatu yang resmi dari KPU. Tapi kami mendukung aplikasi ini yang merupakan langkah dukungan masyarakat sipil atas penyelenggaraan pemilu di Indonesia," kata Juri di Media Center KPU, Jakarta.

Tiga tim keluar sebagai jawara lomba pengembangan aplikasi mobile Perludem tersebut. Aplikasi bernama Orang Baik, PemiluHore! dan Caleg Store keluar sebagai pemenang kompetisi.

Masing-masing pemenang berhak untuk mendapatkan dana pengembangan sebesar Rp 20 juta, Rp 17,5 juta dan Rp 15 juta. Aplikasi pemenang kompetisi ini juga sudah tersedia di Google Play Store.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini