Sukses

Imagine Cup 2014 Masuki Babak Semi Final, 18 Tim Lolos

Sebanyak 18 tim telah dinyatakan lolos ke babak selanjutnya pada kompetisi Imagine Cup 2014 untuk Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Kompetisi rutin tahunan Microsoft Imagine Cup sudah memasuki babak semi final untuk Indonesia. Sebanyak 18 tim telah dinyatakan lolos ke babak selanjutnya di Imagine Cup 2014.

Antusiasme para pelajar dan mahasiswa di seluruh Indonesia untuk mengikuti kompetisi bergengsi ini tak kalah dibanding tahun sebelumnya.

"Sampai batas akhir pendaftaran pada tanggal 28 Februari 2014 lalu, tercatat secara keseluruhan 748 pelajar dan mahasiswa yang mendaftar dari seluruh Indonesia," kata Risman Adnan, Direktur Developer and Platform Group, Microsoft Indonesia.

Setelah diseleksi, tim Microsoft Indonesia memilih 18 tim yang lolos ke semi finalis yang terdiri dari 6 tim, masing-masing terdiri dari tiga kategori yaitu Games, Innovation, World Citizenship. Peserta nantinya akan mempresentasikan karya aplikasi mereka pada tanggal 22 Maret 2014 di kantor Microsoft Indonesia, Jakarta.

"Minimal 70% harus sudah selesai. Tiap tim juga diharuskan mempresentasikan karya aplikasinya tersebut dengan menggunakan bahasa Inggris tanpa menggunakan penerjemah," ungkap Risman melalu keterangan tertulis.

Dari babak semi final nantinya akan dipilih tiga tim terbaik dari masing-masing kategori untuk maju ke babak final Indonesia pada 11 April 2014. Tahun ini pemenang dari tiap negara harus lolos babak World semi-final terlebih dahulu sebelum masuk ke World Final.

Di antara aplikasi yang berhasil lolos ke semi final, ada beberapa aplikasi yang menarik, di antaranya adalah aplikasi Smoothie hasil karya Tim Ide Delta, yaitu sebuah kombinasi dari sensor gelombang otak dan Windows Phone yang bisa memainkan musik sesuai suasana hati pemakainya.

Ada pula aplikasi Bubblebum dari Tim Stairway Studio, adalah aplikasi yang bisa membuat "gelembung" memori visual memory yang dapat dilihat, didengar dan dibagi oleh pemakainya.

Selain itu ada tiga aplikasi games yang menggunakan tantangan matematika di dalamnya dan dikombinasikan dengan tantangan lain, seperti aplikasi games Saluck Story dari Tim Junior Studio, Onyonyo Time dari Tim Nameless Studio dan The Lost Chiko Mathventure dari Tim Raion Elite.

Nantinya pemenang Imagine Cup berhak mewakili Indonesia di ajang Imagine Cup dunia di Seattle, Amerika Serikat pada 29 Juli 2014 dan berhak memperebutkan hadiah total USD 50 ribu.

Baca juga:
Microsoft Tantang Mahasiswa Buat Aplikasi Berhadiah USD 50 Ribu

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini