Sukses

Resmi Akuisisi Axis, Dari Mana Sumber Dana XL?

XL akhirnya resmi mengakuisi Axis dengan nilai sekitar Rp 10 triliun. Lalu, dari mana sumber dana yang diperoleh XL?

Liputan6.com, Jakarta PT XL Axiata Tbk (XL) akhirnya resmi mengakuisi PT Axis Telekom Indonesia (Axis) dengan nilai US$ 865 juta atau sekitar Rp 10 triliun. Dengan demikian, anak perusahaan Axiata Group Berhard itu resmi menjadi pemegang saham Axis.

"Kami bersyukur dapat mencapai finalisasi akuisisi Axis. Dengan selesainya transaksi akuisisi ini maka XL telah resmi menjadi pemegang saham AXIS," kata Hasnul Suhaimi selaku CEO PT XL Axiata Tbk, melalui keterangan resmi pada Kamis (20/3/2014).

Hasnul menyebut, pendanaan tersebut bersumber dari kombinasi pinjaman yaitu pemegang saham Axiata sebesar US$ 500 juta atau 58% dan sisanya yaitu sebesar US$ 365 juta atau 42% berasal dari pinjaman tiga bank berbeda yaitu UOB, Bank of Tokyo-Mitsubishi, dan DBS.

Penandatangan kesepakatan akuisisi diwakili oleh Willem Lucas Timmermans selaku Chief Operating Officer XL dan Erik Aas selaku Direktur Utama Axis. Sebelumnya, kesepakatan tersebut juga sudah disetujui para pemegang saham dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) perseroan pada awal Februari 2014.

Selain mendapat persetujuan dari Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), persetujuan kesepakatan itu juga diperoleh dari Bursa Efek Indonesia (BEI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo), dan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.