Sukses

Apple Patenkan Stylus Pintar Yang Multifungsi

Permohonan paten stylus Apple ini pertama kali diajukan pada tahun 2012 oleh Joel S. Armstrong-Muntner sebagai penemunya.

Liputan6.com, Amerika Serikat Apple telah menunjukkan ketertarikannya untuk merancang sebuah stylus multifungsi. Berbeda dengan stylus pada umumnya, Apple melengkapinya dengan sensor dan ujung pena yang bisa diatur panjang-pendeknya untuk memaksimalkan interaksi di layar multitouch.

Mengutip laman Apple Insider, dengan pena yang bisa diatur panjang-pendeknya, memungkinkan stylus untuk menyuguhkan sensasi yang lebih nyata saat digunakan untuk menulis atau menggambar - layaknya seperti menggunakan pena di atas kertas atau kuas di atas kanvas.

Ketika pengguna ingin memperpanjang ukuran pena, mereka dapat menggunakan aktuator atau mekanisme saklar yang tertanam dalam kerangka stylus. Aktuator itu berguna untuk mengaktifkan efek kuas saat pengguna ingin menggambar di layar tablet.

Aplikasi paten yang baru saja diterbitkan oleh lembaga paten U.S. Patent and Trademark Office ini menunjukkan bahwa pena stylus dapat dikonfigurasi dengan sensor yang dapat mendeteksi gerakan dan sensor cahaya untuk pengambilan sampel warna.

Sensor cahaya itu juga memungkinkan stylus untuk mengubah warna garis, memberikan pola-pola tertentu, mengganti jenis kuas, dan bahkan mengoperasikan fungsi sistem. Juga dapat dihubungkan ke pena untuk membaca informasi cahaya dari layar tablet, yang bisa memberikan sejumlah fungsi berbeda, termasuk kalibrasi warna layar.

Sebagai informasi, permohonan paten stylus Apple pertama kali diajukan pada tahun 2012 oleh Joel S. Armstrong-Muntner sebagai penemunya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini