Sukses

Windows Phone 8.1 Resmi Meluncur, Apa Fitur Barunya?

Microsoft sudah meluncurkan sistem operasi Windows Phone 8.1, apa saja kekuatan baru di platform ini?

Liputan6.com, Jakarta Microsoft akhirnya secara resmi memperkenalkan versi platform mobile terbaru buatannya, Windows Phone 8.1. Beberapa peningkatan fitur disediakan di dalam seri Windows Phone terbaru itu.

'Platform mobile dengan personalisasi paling detil' menjadi klaim yang baru diperkenalkan Microsoft untuk menjual sistem operasi versi terbaru miliknya.

Perusahaan yang berpusat di Redmon, Washington tersebut juga menyediakan tiga pilihan perangkat terbaru yang sudah menggunakan Windows Phone 8.1. Seperti apa kekuatan baru di versi baru Windows Phone?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cortana

Dibuat Microsoft sebagai asisten pribadi yang terhubung dengan mesin pencari Bing miliknya. Fitur ini akan mendeteksi lokasi dan email bila penggunanya menginginkan asistensi yang lebih mendetil.

Kecerdasan lain yang disediakan oleh fitur baru tersebut adalah mempelajari perilaku dan kebiasaan penggunanya sehari-hari. Informasi yang disajikan Cortana bagi penggunanya diklaim sangat relevan dan menarik.

Cortana nantinya akan bersaing dengan Google Now di Android dan Siri di iOS. Google Now dan Siri sudah lebih dulu dibekali fitur deteksi lokasi, kebiasaan dan terintegrasi dengan mesin pencarian dan browser agar menghasilkan informasi yang sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

3 dari 4 halaman

Action Center

Fitur anyar ini akan memberikan semua notifikasi yang perlu diketahui pengguna dari ponselnya dalam satu tempat. Kemudahan mengakses pemberitahuan dari semua akun menjadi hal yang ditawarkan dari fitur baru di Windows Phon 8.1 itu.

Sebenarnya fitur ini sudah lebih dulu hadir di platform mobile lain seperti iOS dan Android. Meski begitu, Microsoft mengklaim fitur barunya ini lebih baik karena bisa diatur secara detil hingga bagian yang terkecil.


4 dari 4 halaman

Bisa Dikustomisasi

Metro UI jadi tampilan normal yang ada di handset berbasis Windows Phone. Pengguna bisa melakukan kustomisasi di layar utama handset dengan wallpaper yang disesuaikan dengan selera pemiliknya.

Tak hanya itu, kotak-kotak yang ada di layar utama juga bisa dipersonalisasi sesuai keinginan pengguna. Pilihan baru Live Tiles pun menambah nilai perusahaan untuk mengklaim platform dengan personalisasi terbaik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.