Sukses

Saingi Apple, Microsoft Rancang Sistem Infotainment Mobil

Sistem infotainment ini memiliki antarmuka pengguna bernuansa kotak-kotak yang sama dengan tablet dan smartphone Windows Phone.

Liputan6.com, Tak mau kalah dengan Apple, Microsoft dilaporkan tengah mengembangkan sistem operasi Windows yang diperuntukkan untuk sistem infotainment mobil.

Aplikasi yang dijuluki Windows Car ini telah didemokan di konferensi developer BUILD 2014 dalam diskusi panel `Windows and the Internet of Things`.

Developer Division Microsoft, Steve Teixeira menunjukkan konsep sistem infotainment tersebut memiliki antarmuka pengguna bernuansa kotak-kotak yang sama dengan tampilan Metro UI di tablet dan smartphone Windows Phone.

Menurut yang dilansir Ubergizmo, Microsoft juga menghimbau kepada para pengembang aplikasi agar beradaptasi dengan tampilan tersebut sehingga nantinya dapat memudahkan pengendara dalam menggunakan Windows Car.

Selain itu Teixeira juga mendemokan Windows Car saat membuka toko aplikasi Windows Store terbaru. Aplikasi ini sendiri memiliki konsep yang sama dengan sistem infotainment CarPlay milik Apple, di mana sistem mobil besutan Microsoft ini akan terintegrasi dengan smartphone ataupun tablet.

Belum jelas kapan Windows Car mulai disematkan di dashboard mobil. Namun The Verge melaporkan, produsen mobil Volkswagen, Honda, Toyota, dan Citroen tertarik untuk mengadopsi sistem infotainment tersebut. Perusahaan audio mobil seperti Alpine dan Pioneer pun juga demikian.

Sebagai informasi, Apple CarPlay adalah fitur pintar yang memungkinkan iPhone milik pengendara terintegrasi di dalam sistem infotainment. Pengendara bisa menggunakan iPhone saat berkendara dengan aman, seperti mengakses fitur-fitur pada layar audio yang tersedia.

Di akhir tahun ini Apple mengatakan CarPlay akan tersemat di mobil Honda dan Hyundai. BMW, Chevrolet, Citroen, Ford, Jaguar, KIA, Land Rover, Mitsubishi, Nissan, Opel, Peugeot, Subaru, Suzuki, dan Toyota juga sudah berkomitmen untuk menawarkan teknologi tersebut di masa depan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.