Sukses

Orang Indonesia Belum Optimal Pakai Ponsel

Layanan digital masih belum banyak diakses pelanggan selular di Indonesia, padahal ponsel yang digunakannnya sudah cukup canggih.

Liputan6.com, Jakarta Indonesia menjadi pasar paling empuk bagi pemasaran segala macam produk ponsel. Sayangnya, banyaknya ponsel canggih yang sudah dipasarkan ke Indonesia tetap dianggap belum berhasil membantu adopsi penggunaan layanan digital.

Marina Kacaribu, Vice President Digital Lifestyle PT Telkomsel mengungkapkan bahwa sebanyak 46% ponsel yang dipakai di Indonesia masih basic phone yang tak bisa dipakai internet. Selain itu, tak sedikit pengguna feature phone atau smartphone yang masih belum memanfaatkan layanan digital.

"54% pengguna ponsel memang sudah memakai feature phone maupun smartphone. Tapi masih banyak yang belum akses layanan digital. Malah banyak yang belum optimalkan fitur pendukung internet, ini satu tantangan kita juga yang ingin genjot industri digital di Indonesia," kata Marina.

Kondisi tersebut diakui Marina membuat Telkomsel berusaha untuk menyadarkan masyarakat akan fungsi perangkat telekomunikasi miliknya. Berbagai layanan digital disediakan Telkomsel untuk membuat masyarakat semakin sadar untuk mengoptimalkan perangatnya.

"Kita sudah sediakan banyak layanan digital. Video 500 salah satu pendobrak mindset masyarakat bahwa nonton video streaming itu mahal, lewat Video 500 mereka bisa lihat streaming video hanya dengan biaya Rp 500 juga supaya mereka sadar kemampuan ponselnya," jelas Marina.

Layanan streaming Video 500 milik Telkomsel diklaim Marina sebagai produk yang sangat digemari pelanggannya. Sejak diluncurkan akhir tahun lalu, layanan ini sudah diakses lebih dari 13 juta kali dengan jumlah pengguna 2,5 juta.

"Telkomsel terus berusaha supaya masyarakat sadar akan kemampuan teknologi komunikasi yang digunakannya. Produk kita itu dibuat sekedar sebagai alasan agar mereka mau lebih mengakses layanan digital sesuai kebutuhannya," tambah Marina.

Demi memenuhi kebutuhan gaya hidup digital pelangganya, Telkomsel telah menghadirkan layanan Telkomsel Digital Lifestyle. Layana itu dibagi dalam empat lini bisnis utama yaitu Mobile News and Directory, Portal and Social Media, Digital Music serta Mobile Games and Entertainment

Dalam laporan keuangan perusahaan tahun lalu, layanan Telkomsel Digital Lifestyle tercatat telah berkontribusi 20% dari total pendapatan perusahan. Jumlah itu diharapkan bisa meningkat signifikan di masa depan seiring semakin banyaknya pengguna smartphone di Tanah Air.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini