Sukses

Langkah Sederhana Hindari Serangan Heartbleed

Tak perlu panik menghadapi celah yang mungkin diakibatkan oleh Heartbleed bug, berikut ini adalah penangkalnya.

Liputan6.com, Jakarta Heartbleed bug menjadi momok yang begitu menakutkan karena dianggap sebagai bencana terbesar sepanjang sejarah internet. Meski dianggap sangat berbahaya, sebaiknya tidak panik dan menutup semua celah yang mungkin dieksploitasi peretas.

Dikutip dari Mashable, Minggu (13/4/2014) berikut ini merupakan langkah sederhana yang mungkin bisa dilakukan agar terhindar dari kemungkinan diretas atau data dieksplotasi para hacker yang berusaha memanfaatkan Heartbleed bug.

Cek Software Milik Provider

Software terbaru yang dipakai oleh penyedia layanan berpengaruh cukup besar pada penambalan celah keamanan yang muncul akibat Heartbleed. Bila perusahaan tak menambal celahnya dengan melakukan patch atau pembaruan atas bug, celah data dieksploitasi peretas tentu akan semakin besar.

Perusahaan besar sepert Google, Yahoo dan Facebook mengaku telah memperbarui sistem perangkat lunak mereka supaya lebih aman dari peretasan. Tapi, lebih baik Anda buktikan sendiri di sini untuk menguji infeksi CVE–2014–0160 alias Heartbleed bug.

Ganti Password

Perusahaan penyedia layanan internet mungkin saja sudah memperbarui software mereka. Tapi, semua akan jadi tak berguna bila penggunanya tak memperbaharui password yang mereka miliki.

Sebab, peretas yang telah berhasil mencuri data masih bisa mengakses data history yang berhasil diambil dari penyedia layanan. Sehingga hal ini bisa berbahaya bagi yang belum melakukan pembaruan password walaupun penyedia layanan sudah melakukan update.

Update Patch

Bagi Anda yang memiliki situs atau blog pribadi, sebaiknya perbarui sistem keamanan yang Anda miliki dengan melakukan patch atau update perbaikan bug. Jangan lupa ubah password dan sistem pengamanan lainnya supaya tidak jadi korban pihak tak bertanggung jawab.

Perlu diketahui, tahapan di atas merupakan langkah paling sederhana agar menghindari kemungkinan terburuk yang bisa diakibatkan Heartbleed bug. Masih banyak tahapan berikutnya yang dapat dilakukan supaya menghindari eksploitasi Heartbleed.

 

Baca Juga:

`Heartbleed` Jadi Bencana Besar Sepanjang Sejarah Dunia Internet

Yuk, Kenali Ancaman Internet Terbesar `Heartbleed Bug`

Khawatir Ancaman Heartbleed, Pemerintah AS Keluarkan Peringatan

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini