Sukses

BlackBerry Tak Anggap Remeh Serangan Heartbleed

BlackBerry ikut berbenah agar tak menjadi korban serangan Heartbleed.

Liputan6.com, Jakarta Heartbleed menjadi celah keamanan yang membahayakan bagi pengguna internet dunia. Kerentanan serangan hacker akibat Heartbleed bug dianggap sebagai suatu hal yang penting bagi banyak perusahaan dunia, termasuk BlackBerry.

Perusahaan asal Kanada itu mengaku sudah memantau kondisi layanan yang disediakannya, khususnya aplikasi pesan instan BlackBerry Messenger alias BBM dan Secure Work Space tersedia untuk pengguna korporasi maupun bisnis.

Pihak perusahaan, seperti dilansir CrackBerry, Selasa (15/4/2014), mengklaim bahwa semua jenis layanan yang disediakannya dalam kondisi aman, meskipun ada kemungkinan diserang Heartbleed.

Heartbleed sendiri disebutkan bisa mengakibatkan pencurian data pribadi yang rahasia berupa password hingga nomor kartu kredit. Pencurian itu bisa dilakukan melalui layanan internet yang terhubung lewat saluran selular ataupun WiFi.

"Risikonya sangat kecil, karena teknologi keamanan BlackBerry akan membuat hacker untuk berhasil mendapatkan data dari serangan yang mereka lakukan," kata SVP BlackBerry, Scott Totzke menanggapi potensi serangan Heartbleed di fasilitasnya.

Walau begitu, BlackBerry mengaku tetap melakukan patching alias pembaruan bug yang ada di sistem perusahaannya. Hal itu dilakukan sebagai pencegahan dari kejadian buruk yang mungkin saja terjadi akibat Heartbleed.

Pembaruan BBM kemungkinan akan disedakan oleh BlackBerry pada akhir pekan ini. Sedangkan penambalan celah dan pembaruan di Secure Work Space belum aman dari serangan Heartbleed.

Heartbleed bug baru mencuat sejak pekan lalu yang merupakan celah dari OpenSSL. Ribuan perusahaan online raksasa dunia dikabarkan memiliki kerentanan dari serangan Heartbleed. Situs Google, Yahoo!, Facebook dan Dropbox dikabarkan juga sempat rentan terhadap serangan Heartbleed.

 

Baca Juga:

Pakai Aplikasi Ini Untuk Deteksi Serangan Heartbleed di Android

Hati-hati! Android Jelly Bean Juga Rentan Serangan 'Heartbleed'

Langkah Sederhana Hindari Serangan Heartbleed

Khawatir Ancaman Heartbleed, Pemerintah AS Keluarkan Peringatan

Yuk, Kenali Ancaman Internet Terbesar `Heartbleed Bug`

`Heartbleed` Jadi Bencana Besar Sepanjang Sejarah Dunia Internet

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini