Sukses

Operator Seluler Berlomba Jadi Alat Pembayaran Commuter Line

Produk uang digital T-Money, Dompetku Indosat, dan XL Tunai nantinya bisa dipakai sebagai alat pembayaran langsung di commuter line.

Liputan6.com, Jakarta PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, PT Indosat Tbk, dan PT XL Axiata Tbk telah menjalin kerjasama dengan PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) untuk memudahkan pengguna commuter line mengisi saldo Kartu Multi Trip (KMT) melalui layanan e-money milik ketiga operator tersebut.

Namun, itu saja tidak cukup. Ketiganya mengaku sedang membidik solusi pembayaran untuk penumpang commuter line. Produk uang digital T-Money milik Telkom, Dompetku dari Indosat, dan XL Tunai nantinya bisa dipakai sebagai alat pembayaran langsung di commuter line.

"Arahnya memang Indosat masuk ke situ. Akan tetapi ini masih banyak tantangannya, tak semudah dipikirkan," ungkap Alexander Rusli sebagai President Director & CEO Indosat di Jakarta, Kamis (17/4/2014).

Lebih lanjut, Alexander menyebutkan bahwa tantangan dari sisi teknis merupakan salah satu penghambatnya. Sistem yang dijalankan harus berjalan dengan cepat saat mengkonfirmasi ke server. Pilihan teknologi yang dijalankan pun harus dipertimbangkan.

"Kalau dipaksa pakai sistem tap dengan ponsel, antri bisa lama, soalnya masing-masing operator ada sistem, dan konfirmasi ke server. Pilihan paling logis itu Near Field Communication (NFC), tetapi ini juga tantangannya tidak semua perangkat berbasis teknologi itu," tambah Alex.

Presiden Direktur XL Axiata Hasnul Suhaimi mengamini bahwa layanan berbentuk uang digital milik operator mengarah sebagai alat pembayaran. Menurutnya, sistem isi saldo pengguna commuter line pakai uang digital adalah salah satu tahapannya.

"Tetapi tidak bisa main langsung jadi. Samalah kayak dulu ATM, perlu edukasi dan ekosistem. Perkiraan saya baru tiga sampai lima tahun lagi sistem pembayaran pakai uang digital baru bisa jalan," papar Hasnul.

Tingginya angka transaksi yang dihasilkan oleh pengguna commuter line menjadi alasan penyedia layanan pembayaran digital berusaha dipakai sebagai alat pembayaran langsung di KRL Jabodetabek.

Setiap harinya ada 600 ribu transaksi yang dilakukan pengguna layanan commuter line. Saat ini kartu Flazz milik BCA jadi satu-satunya yang sudah dipakai sebagai alat pembayaran langsung tiket commuter line.


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini