Sukses

Spekulasi Desain iPhone 6: Giliran Apple Contek Samsung

Liputan6.com, Salah satu topik yang paling banyak diperbincangkan kalangan pencinta teknologi dunia belakangan ini adalah terkait spekulasi desain smartphone generasi terbaru Apple, iPhone 6.

iPhone 6 santer dirumorkan bakal hadir dalam dua pilihan layar yang ukurannya lebih besar dibandingkan generasi iPhone sebelumnya. Dua ukuran layar yang diprediksi kuat akan diusung iPhone 6 adalah 4,7 inci dan 5,5 inci.

Namun Ukuran layar yang lebih besar dibandingkan jajaran iPhone generasi sebelumnya itu diyakini akan mempengaruhi aspek kenyamanan pengguna. Analis ternama dari KGI Securities, Ming Chi-Kuo memprediksikan bahwa Apple akan sedikit mengubah tata letak sejumlah tombol fisik pada iPhone 6.

Kuo menduga salah satau tombol fisik yang akan didesain ulang oleh Apple di iPhone 6 adalah tombol power. Jika sebelumnya Apple selalu memposisikan tombol power di bagian kiri atas bodi, di iPhone generasi terbaru itu besar kemungkinan tombol power akan dipindahkan di ke bagian samping kanan. Hal itu dilakukan guna memudahkan penggunaan iPhone 6 dengan satu tangan.

Selain itu, sebuah bocoran foto terbaru yang diungkap oleh situs asal Prancis bernama Nowhereelse.fr juga mengungkap jika iPhone 6 nantinya akan dibekali dengan sebuah tombol baru yang terletak di bagian kiri atas ponsel. Namun sayang, masih belum diketahui apa fungsi tombol baru yang ditambahkan Apple pada iPhone 6.

Layar yang lebih lebar dan sejumlah tombol fisik yang dialihposisikan nampaknya menunjukkan kompromi Apple terhadap keinginan pasar. Sejumlah analis seperti yang dilansir laman Pcauthority bahkan menilai Apple mulai meniru Samsung. Layar 4,7 inci dan tombol power di samping bodi dianggap serupa dengan konsep desain Galaxy S5 ataupun jajaran smartphone Android pada umumnya.

Hal ini sungguh ironis, sebab sebelumnya justru Samsung yang kerap dituduh meniru produk-produk besutan Apple. Namun bagaimanapun, hingga saat ini Apple sama sekali belum mau angkat bicara perihal smartphone generasi terbaru milik mereka itu. Diperkirakan baru pada September 2014 mendatang, perusahaan berlogo 'apel tergigit' itu akan mengumumkan iPhone 6 secara resmi pada publik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.