Sukses

Asisten Pribadi Cortana Hanya Untuk Pengguna 13 Tahun ke Atas

Menariknya, Cortana diklaim mampu secara otomatis mendeteksi suara pengguna yang berusia di bawah 13 tahun.

Liputan6.com, Bersamaan dengan dirilisnya update sistem operasi Windows Phone 8.1, Microsoft juga memperkenalkan fitur anyar asisten digital berbasis suara, Cortana. Fitur ini digadang-gadang akan muncul sebagai pesaing utama Siri milik Apple yang telah lebih dulu populer.

Namun menurut yang dilaporkan laman WP Central, Minggu (20/4/2014), ternyata terdapat persyaratan khusus untuk dapat menggunakan fitur ini. Pihak Microsoft membuat regulasi yang mengharuskan pengguna Cortana telah berusia di atas 13 tahun.

Menariknya, Cortana diklaim mampu secara otomatis mendeteksi suara pengguna yang berusia di bawah 13 tahun. "I'm Sorry, you'll need to be a bit older before I can help you." Tulisan tersebut akan muncul di layar perangkat jika pengguna di bawah usia 13 tahun berusaha menavigasi Cortana.

Sayangnya, hingga kini pihak Microsoft belum memberikan penjelasan kenapa fitur Cortana tidak boleh digunakan oleh pengguna berusia di bawah 13 tahun.

Selain masalah usia pengguna, sebelumnya Cortana juga dipastikan baru akan tersedia di pasar Asia pada tahun 2015 mendatang.

Cortana sendiri diklaim memiliki kemampuan yang lebih baik dari dua pesaingnya, Siri dan Google Now. Aplikasi yang diluncurkan bersamaan dengan update Windows Phone 8.1 ini memiliki kemampuan belajar dan beradaptasi yang ditenagai mesin pencari Bing sehingga mampu melakukan interaksi dan mempelajari penggunanya secara pribadi.

Fungsinya pun cukup beragam. Di samping membuat panggilan telepon dan menulis SMS, Cortana dapat diminta untuk melakukan beberapa hal seperti membuat reminder, jadwal pertemuan, alarm, memberi informasi cuaca, hingga menunjukkan hasil pertandingan olahraga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini