Sukses

Ejek Walikota, Pemilik `Akun Twitter Parodi` Digerebek Polisi

Baru-baru ini pihak kepolisian telah menggerebek sebuah rumah yang berlokasi di Peoria, Illinois, yang diduga sebagai pemilik akun parodi.

Liputan6.com, Illinois Banyak akun parodi unik muncul di Twitter setiap hari. Mulai dari yang menggunakan nama-nama para selebriti hingga pejabat negara. Sebagian besar akun tersebut secara gamblang mengejak dan kerap membuat isu panas yang merugikan beberapa pihak.

Sayangnya mereka selalu luput dari jeratan hukum. Namun baru-baru ini pihak kepolisian telah menggerebek sebuah rumah yang berlokasi di Peoria, Illinois. Penghuni rumah tersebut diduga sebagai pemilik akun parodi yang telah mengejek Walikota Jim Ardis.

Mengutip laman Neowin, Senin (21/4/2014), nama akun parodi itu adalah @PeoriaMayor - diketahui telah ada sejak bulan Februari 2014 dengan menggunakan foto profil Jim Ardis, deskripsi pekerjaan, dan alamat emailnya.

Setelah beberapa minggu kemudian, akun Twitter itu diperbarui dan mendeklarasikan bahwa ini adalah hanya sebuah akun parodi. Tapi yang menjengkelnya, tiap tweet-nya berisi referensi obat-obatan terlarang dan seks.  Kantor berita setempat, Peoria Journal Star mengklaim ketika masih aktif akun itu sedikitnya telah memiliki 50 follower.

Sejak saat itu @PeoriaMayor langsung diblokir. Kepala Kepolisian Peoria, Steve Settingsgaard menegaskan saat ini pihaknya tengah melakukan penyelidikan dan sang pemilik akun kemungkinan besar merupakan seorang pejabat publik. Jika terbukti bersalah, tersangka akan dikenakan denda maksimal US$ 2.500 atau sekitar Rp 28,5 juta dan satu tahun penjara.

Dalam hal ini tiga warga telah ditahan untuk dimintai keterangan, sementara dua orang lainnya telah diringkus. Polisi dilaporkan telah menyita sejumlah barang bukti, seperti telepon dan komputer. Seorang yang dicurigai bernama Michelle Pratt mengatakan bahwa ia tengah berada di kamar mandi ketika polisi datang dengan surat perintah penggeledahan.

"Mereka hanya bertanya kepada saya soal akun Twitter. Mereka membawa saya seperti saya adalah seorang kriminal," kata Prat kepada Peoria Journal Star. Ia menuturkan telah diintrogasi oleh penyidik lebih dari tiga jam di ruang wawancara.

Hingga kini belum ada bukti kuat yang memberatkan Pratt, namun kekasihnya ditahan atas tuduhan kepemilikan ganja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.