Sukses

`Selamat Hari Kartini` Jadi Trending Topic Twitter Dunia

Ada dua hashtag peringatan Hari Kartini yang jadi trending topic dunia di Twitter, Selamat Hari Kartini dan Habis Gelap Terbitlah Terang.

Liputan6.com, Jakarta Tepat hari ini, Senin, 21 April 2014, adalah hari penting bagi para perempuan di seluruh Indonesia. Karena tanggal 21 April selalu diperingati sebagai Hari Kartini.

Seperti biasanya, orang Indonesia jagonya membuat trending topic (TT) di media sosial Twitter. Menurut pantauan kami hari ini, di linimasa Twitter berbagai kicauan di-posting untuk memperingati Hari Kartini.

Setidaknya tercatat ada dua hashtag terkait peringatan Hari Kartini yang menjadi trending topic dunia di Twitter, yaitu Selamat Hari Kartini dan Habis Gelap Terbitlah Terang. Para warga Twitter tampak antusias mengucapkan Selamat Hari Kartini kepada para perempuan Indonesia.

Banyaknya warga Twitter yang mengucapkan `Selamat Hari Kartini` menjadikannya trending topic di peringkat kedua dunia (worldwide) dengan tagar #SelamatHariKartini. 

"Untuk seluruh perempuan di Indonesia, jadilah pelita yg tak pernah padam, sllu bersinar dg kecerdasan yg kamu miliki. Selamat Hari Kartini", tulis PB PMII ‏melalui @PB_PMII.

"Jadilah diam yang tak pernah padam, selalu bersinar dengan kecerdasan yang kamu miliki. Maju terus para Kartini muda. Selamat Hari Kartini", posting Neita melalui akun Twitter ‏@Neita_RFTE.

"Selamat hari Kartini untuk seluruh wanita di Indonesia. Jadilah wanita yang selalu bersinar dengan kecerdasan yang dimiliki :')", tutur Dzaky Radhitya ‏melalui akun Twitter @Dzakydhitya.

Sementara itu, hashtag #HabisGelapTerbitlahTerang juga masuk dalam daftar trending topic dunia di Twitter di peringkat ketujuh.

Habis Gelap Terbitlah Terang adalah sebuah buku kumpulan surat Kartini yang ditulis oleh Kartini yang kemudian dibukukan oleh J.H. Abendanon dengan judul Door Duisternis Tot Licht. Setelah Kartini wafat, Abendanon mengumpulkan dan membukukan surat-surat yang pernah dikirimkan R.A Kartini pada teman-temannya di Eropa.

Istilah trending topic sendiri menunjukkan daftar topik terbanyak yang dibicarakan di seluruh dunia pada suatu waktu, peringkatnya selalu berubah otomatis setiap saat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini