Sukses

Justin Kan, Sang Kreator Muda Yang Tak Kenal Lelah

Layaknya seorang kreator yang tak kenal lelah, sarjana fisika dan filsafat Yale University ini juga mendirikan Exec pada tahun 2012.

Liputan6.com, Jakarta Mungkin tak banyak orang yang mengenal sosok Justin Kan. Namun siapa sangka kalau web developer muda ini merupakan salah satu pendiri situs video live streaming kenamaan, Justin.tv.

Justin.tv memungkinkan Anda membuat dan berbagi video secara langsung. Pengguna dapat menelusuri ribuan broadcasters premium dengan berbagai kategori, seperti berita, hiburan, hewan, olahraga, sosial dan saluran pribadi dengan jutaan penonton secara bersamaan.

Sebagai salah satu platform live streaming terbesar di dunia, Justin.tv diklaim menyajikan lebih dari 300 juta video live streaming di lebih dari 250 negara setiap bulannya. Bahkan, penikmat video di Amerika Serikat tercatat menghabiskan lebih banyak waktu menyaksikan video di Justin.tv ketimbang di YouTube.

Justin.tv sendiri didirikan pertama kali oleh Justin Kan bersama beberapa temannya Emmett Shear, Kyle Vogt, dan Michael Seibel - didanai oleh perusahaan Y Combinator yang berbasis di San Francisco, Amerika Serikat. 

Di Justin.tv, Kan setiap harinya menangani konten gaming yang disebut TwitchTV, yang kini sukses menjadi salah satu komunitas video game terbesar berbasis web. Selain itu ia juga menciptakan aplikasi video Socialcam, yang memungkinkan penggunanya berbagi video dari perangkat Android dan iPhone dengan cepat.

"Misi kami adalah untuk membuat semua orang di dunia berbagi kesenangan di saat mereka bersama dengan keluarga dan teman-temannya," kata Kan, seperti dikutip dari laman A Really Bad Idea.

Layaknya seorang kreator yang tak kenal lelah, sarjana fisika dan filsafat Yale University ini juga mendirikan Exec pada tahun 2012, sebuah platform untuk iPhone dan web yang memungkinkan seseorang untuk menjadi pekerja honorer secara real time dengan bayaran US$ 25 per jam.

Kan juga mendirikan Saboteur, brand pakaian untuk pria bersama temannya, Kristen. Lewat Saboteur ia berhasil merancang blazer berbahan wol tahan air yang disebut Invincible.

"Saya suka dengan ide-ide gila, kewirausahaan, strategi bisnis, dan taktik eksekusi. Meskipun sayang seorang programmer yang buruk, namun saya adalah seorang pengembang web yang andal dan terkadang menjadi motivator yang baik," ujar Kan.

Selain rendah hati, Kan juga memiliki jiwa sosial yang tinggi. "Saya suka membantu orang lain agar bisa berhasil, terutama dalam bidang startup dan kewirausahaan. Jadi, biarkan saya tahu bagaimana saya bisa membantu Anda," tambah Kan.

Sebagai informasi, Justin Kan akan hadir di Jakarta pada 7-8 Mei 2014 di acara NXT CON 2014. Anda bisa bertemu dengannya di ajang konferensi tersebut. Jika tertarik, silakan kunjungi www.nxtcon.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.