Sukses

Wearable Device Jadi Tren, Siapa Paling Untung?

Wearable device diprediksi bakalan jadi perangkat yang booming sepanjang tahun 2014.

Liputan6.com, Jakarta Wearable devices diprediksi banyak pihak bakalan menjadi produk gadget primadona di tahun ini. Berbagai vendor ponsel dan elektronik akan menawarkan banyak produk di kategori wearable devices sepanjang tahun 2014.

Menurut Jesse Fang, Vice President Intel Labs sebagian besar keuntungan dari demam wearable devices akan menjadi milik pembuat hardware. Fang menyebutkan pembuat hardware akan mengantongi 75% keuntungan dari wearable devices.

Sedangkan 25% sisa keuntungan dibagi kepada beberapa industri pendukung diantaranya penyedia layanan mobile commerce mendapat 18%, analisis data dan layanan konsumen 4% dan perusahaan semikonduktor mendapat porsi terkecil, hanya 3%.

Fang juga menyebutkan tiga kategori segmen wearable device yang berkembang di pasar. Kategori pertama produk multifungsi kelas atas dengan harga antara USD 350 sampai USD500, multifungsi kelas menengah di kisaran USD 100 hingga USD 350 dan perangkat berfungsi tunggal di harga sekitar USD 100. 

Dalam penjelasannya di ajang China Sourcing Fair: Electronics and Components Spring show di Hong Kong, seperti dikutip dari Digitimes, Fang pun mengungkap prediksinya pada pasar wearable device dan perangkat pendukung internet alias Internet of Thing (IoT).

Fang berekspektasi bahwa industri IoT akan menjadi foksu baru perusahaan IT setelah smartphone. Pertumbuhan pasar smartphone di tahun 2013-2017 akan sekitar 24% tiap tahunnya, sedangkan wearable device tumbuh 123% selama periode yang sama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini