Sukses

Serunya Ngoprek OpenBTS Bersama Onno Purbo

Bersama Liputan6.com, Onno Purbo menjelaskan OpenBTS, teknologi yang digunakan untuk menelepon tanpa menggunakan jaringan operator seluler.

Liputan6.com, Jakarta Ponsel berbasis GSM ternyata bisa digunakan untuk menelepon tanpa harus menggunakan jaringan operator seluler. Teknologinya memang ada. Namanya OpenBTS.

Dalam acara Klinik OpenBTS yang digelar Liputan6.com beberapa waktu lalu, pakar teknologi informasi (TI) Indonesia, Onno W. Purbo memperagakan cara membuat OpenBTS dengan perangkat mini yang dikombinasikan dengan sentral berupa software open source.

Onno menjelaskan cara-cara mengoperasikan OpenBTS buatannya dan pemrogramannya yang berjalan di atas sistem operasi Ubuntu. Dengan OpenBTS ini kita bisa menelepon dan SMS-an lokal secara gratis tanpa menggunakan jaringan operator telekomunikasi.

Untuk membangun sebuah OpenBTS, diperlukan perangkat komputer bersistem operasi Linux, Universal Sofware Radio Peripheral (USRP) untuk memancarkan sinyal radio, sepasang antena transmitter dan receiver, serta software GNU Radio, OpenBTS, dan juga Asterisk untuk mengkonfigurasi sentral telepon.

Yuk intip seperti apa suasana acara Klinik OpenBTS bersama Onno W. Purbo di kantor Liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.