Sukses

<i>Stop</i> Jualan Aplikasi, Samsung Kembalikan Uang Pelanggan

Perusahaan asal Korea Selatan tersebut terpaksa harus mengembalikan uang (refund) kepada pelanggan yang telah membeli aplikasi.

Liputan6.com, Samsung mengumumkan bahwa pihaknya tidak akan lagi mendistribusikan aplikasi berbayar untuk smart TV dan platform Blu-ray. Informasi ini disebarkan melalui pesan tertulis oleh Samsung kepada para pelangannya via email.

Dengan demikian, perusahaan asal Korea Selatan tersebut terpaksa harus mengembalikan uang (refund) kepada pelanggan yang telah membeli aplikasi berbayar melalui platform TV cerdas tersebut. Namun hingga saat ini Samsung belum memberikan alasan mengapa pihaknya menghentikan penjualan aplikasi berbayar itu.

Samsung hanya mengatakan, meskipun ada perubahan beberapa aplikasi berbayar akan terus berfungsi bahkan setelah penjualan aplikasi dihentikan. Namun pelanggan yang telah membeli aplikasi tidak bisa menerima refund.

Mengutip laman Ubergizmo, Rabu (23/4/2014), para pelanggan yang memenuhi syarat untuk menerima refund adalah yang membeli aplikasi yang akan dihapus dari platform konten Smart Hub.

Jadi, mulai sekarang Samsung dipastikan hanya akan menawarkan utilitas gratis pada platform smart TV besutannya. Dalam hal ini raksasa elektronik tersebut menegaskan bahwa langkah itu tak akan mempengaruhi layanan video streaming yang selama ini cukup diminati para pengguna.

Perubahan ini diklaim hanya berpengaruh pada aplikasi berbayar yang ada di toko aplikasi Samsung TV Apps Store, namun tidak akan membatasi akses pengguna ke layanan berlangganan seperti Netflix, Hulu Plus, Amazon Instant Video, Redbox Instan, Pandora, Spotify, dan lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.