Sukses

iPhone 6 Layar Jumbo Baru Akan Melenggang Tahun Depan?

Pemasok komponen baterai untuk Apple dilaporkan mengalami kesulitan memproduksi baterai iPhone 6 versi 5,5 inci.

Liputan6.com, Taiwan iPhone 6 santer dirumorkan bakal hadir dalam dua pilihan layar yang ukurannya lebih besar dibandingkan generasi iPhone sebelumnya. Dua ukuran layar yang diprediksi kuat akan diusung iPhone 6 adalah 4,7 inci dan 5,5 inci.

Sebelumnya, kedua versi iPhone generasi terbaru itu diprediksi akan diperkenalkan oleh Apple di bulan September mendatang. Namun sebuah laporan terbaru menginformasikan bahwa proses produksi komponen iPhone 6 berlayar jumbo 5,5 inci mengalami kendala, sehingga kehadirannya mesti ditangguhkan.

Situs asal Taiwan, Comercial Times, mengabarkan bahwa pemasok komponen baterai untuk Apple mengalami kesulitan memproduksi baterai iPhone 6 versi 5,5 inci. Hal ini dikarenakan Apple mengaplikasikan spesifikasi baterai yang cukup sulit untuk diproduksi.

Dilansir laman 9to5mac, Rabu (23/4/2014), Apple disebutkan memesan baterai khusus yang berdimensi sangat tipis. iPhone 6 versi 5,5 inci sendiri diungkapkan akan memiliki ketebalan kurang 2mm saja, sementara rata-rata baterai smartphone yang umumnya digunakan di pasaran memiliki ketebalan 2,8-2,9mm.

Lebih lanjut Comercial Times melaporkan, kini perusahaan asal Cupertino, California itu sedang mencari manufaktur lain yang mampu memproduksi baterai iPhone 6 versi layar lebar sesuai spesifikasi yang mereka inginkan. Besar kemungkinan versi iPhone 6 yang masuk kedalam varian phablet itu baru akan diperkenalkan tahun depan.

Hal ini jelas mengecewakan para penggemar perangkat besutan Apple. Pasalnya menurut survei yang dilakukan perusahaan riset 451 Research, kehadiran iPhone berlayar besar cukup diharapkan oleh para pengguna.

Dari 100 responden yang disurvei, ada 40 orang yang menyatakan 'sangat mungkin' membeli iPhone berlayar besar yang telah dibekali prosesor dan sistem operasi baru. Mereka juga berharap harganya nanti tidak terlalu mahal. Harga ideal yang diharapkan sebagian besar responden survei ini adalah, USD 199 dengan kontrak operator selama satu atau dua tahun.

Andy Golub, salah seorang analis dari 451 Research menyatakan bahwa animo konsumen terhadap iPhone berlayar besar cukup tinggi. "Ini adalah level animo tertinggi untuk permintaan iPhone yang belum dirilis sejauh kami pernah melakukan survei. Bahkan lebih tinggi dibandingkan iPhone 5 dan 5S yang pernah kami lakukan sebelumnya," ungkapnya dikutip dari laman MacRumors.

Ukuran 4,7 inci dan 5,5 inci dari iPhone 6 bukan satu-satunya perubahan signifikan yang digosipkan akan dilakukan oleh Apple. Perusahaan berbasis di Cupertino itu diprediksi juga akan memindahkan tombol power/sleep yang biasa ada di bagian atas perangkat ke samping bodi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.