Sukses

Sejak Awal Steve Jobs Memang Sudah Benci Android

Mendiang pendiri Apple, Steve Jobs memang telah berseteru dengan pendiri Android, Andy Rubin sejak lama.

Liputan6.com, California Seperti yang telah diwartakan sebelumnya, babak baru perseteruan antara Apple vs Samsung telah menyeret Google selaku pemilik sistem operasi Android untuk terlibat. 

Google menjadi terlibat karena Samsung dituduh telah melanggar lima paten Apple terkait beberapa fungsi smartphone, seperti fitur slide to unlock, koreksi huruf keyboard, informasi kontak, universal search dan background syncing data. Kelimanya diyakini sebagai fitur bawaan Android ciptaan Google.

Namun bila kita melihat ke belakang, kebencian Apple terhadap sistem operasi Android telah lama timbul bahkan sebelum sistem operasi bersifat open source itu diadopsi oleh Samsung.

Menurut fakta yang diungkapkan dalam buku berjudul Dogfight: How Apple And Google Went To War and Started a Revolution karangan Fred Vogelsteins, disebutkan bahwa mendiang pendiri Apple, Steve Jobs memang telah berseteru dengan pendiri Android, Andy Rubin sejak lama.

Perseteruan Jobs dan Rubin dimulai sejak 2007 silam ketika Apple merilis iPhone generasi pertama. Saat itu berhembus kabar bahwa Android - yang telah diakusisi Google pada 2005 - juga sudah menciptakan sistem operasi mobile, namun hasilnya kurang memuaskan.

Ethan Beard yang menjabat sebagai salah satu petinggi Android saat itu mengatakan, "kami tahu Apple akan merilis ponsel. Semua orang tahu. Tapi tidak ada yang berpikir akan sebagus itu. Apa yang kami punya (sistem operasi Android) saat itu terlihat begitu tertinggal, seperti era 90-an."

Dengan alasan itu, Google dirumorkan mengambil keputusan untuk membatalkan peluncuran sistem operasi Android mereka. Baru lah selang setahun kemudian sistem oeprasi Android muncul di pasaran diadopsi oleh ponsel HTC G1, smartphone Android pertama.

Kemunculan HTC G1 membuat Jobs naik pitam. Pada sebuah wawancara dengan sejumlah media saat itu ia mengatakan, "semua yang ada pada Android mencontek apa yang telah kami lakukan." Demikian seperti yang dilansir laman Business Insider.

Sejak saat itu, persaingan antara Apple dan Google di ranah sistem operasi mobile terus berlangsung. Terlebih, pertarungan antara keduanya sejak 2011 lalu turut diramaikan oleh Samsung yang juga menjelma menjadi musuh besar Apple di pasar perangkat mobile.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini