Sukses

Facebook Messenger Tembus 200 Juta Pengguna

Informasi mengenai jumlah pengguna aplikasi pesan instan itu merupakan yang pertama kalinya diumumkan oleh perusahaan.

Liputan6.com, Aplikasi chatting besutan Facebook yang diprediksi tidak akan diminati banyak pengguna ternyata cukup disambut baik oleh pasar. Pendiri Facebook Mark Zuckerberg pada konferensi laporan laba triwulan mengumumkan bahwa Facebook Messenger telah mencapai 200 juta pengguna. 

Menurut yang dilansir Ubergizmo, Kamis (24/4/2014), informasi mengenai jumlah pengguna aplikasi pesan instan itu merupakan yang pertama kalinya diumumkan oleh perusahaan, setelah Facebook Messenger diperkenalkan pada akhir tahun 2011.

Aplikasi mobile yang pertama kali hadir untuk platform iOS dan Android ini merupakan produk hasil akuisisi Beluga yang merupakan penyedia layanan group chat pada Februari 2011. Aplikasi ini dihadirkan secara terpisah dari aplikasi Facebook sehingga penggunaannya fokus pada layanan chat.

Aplikasi ini kemudian hadir untuk Windows pada Januari 2012 dengan tujuan menjadi kompetitor bagi Yahoo Messenger dan layanan chatting lainnya di komputer pribadi. Namun Facebook telah menutup aplikasi itu untuk sistem operasi Windows pada 3 Maret 2014.

Dan kemudian, Facebook meluncurkan aplikasi Facebook Messenger di platform Windows Phone. Namun sayangnya hanya bisa digunakan di smartphone dengan sistem operasi Windows Phone 8. Fitur yang dimilikinya pun hampir sama dengan yang ada di Android dan iOS. Satu fitur yang tak tersedia yakni tidak adanya fitur panggilan suara.

Facebook Messenger secara tak langsung akan bersaing dengan layanan pesan instan WhatsApp yang telah diakuisisi Facebook pada 19 Februari 2014. Nilai akuisisi WhatsApp oleh Facebook terbilang fantastis yaitu sebesar US$ 19 miliar atau sekitar Rp 223 triliun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini