Sukses

Xiaomi Bersiap Jajah 10 Negara, Termasuk Indonesia

Liputan6.com, Beijing - Xiaomi adalah produsen smartphone asal Negeri Tiongkok yang mengalami pertumbuhan signifikan dalam empat tahun terakhir. Maka tak heran jika Xiaomi kerap disebut sebagai Apple dari China.

Bahkan smartphone besutannya mengalahkan dominasi iPhone di pasar China. Tak seperti pesaingnya yang hanya berdiri di belakang Tembok Besar China, Xiaomi berencana akan mengekspansi pasar global. Untuk memperluas penjualan, Xiaomi dikabarkan akan menjual smaprtphone besutannya ke 10 negara baru.

Pada konferensi pers yang digelar di Beijing, pendiri dan CEO Xiaomi Lei Juni mengungkapkan bahwa perusahaan akan segera mulai menjual perangkatnya di Brazil, Indonesia, India, Malaysia, Rusia, Meksiko, Filipina, Turki, Thailand, dan Vietnam.

Mengutip laman Ubergizmo, alasan utama Xiaomi memperluas pasar adalah untuk memenuhi target penjualan 100 juta unit ponsel pada tahun 2015. Saat ini smartphone besutan Xiaomi sudah tersedia di pasar Hong Kong, Taiwan, dan Singapore.  

Salah satu persiapan Xiaomi untuk mengekspansi pasar global adalah dengan 'memangkas' nama domainnya. Sebelumnya, Xiaomi menggunakan nama domain Xiaomi.com, dan saat ini telah memangkas empat huruf awal menjadi Mi.com.

Dilaporkan Techcrunch, Perubahan nama domain ini diduga sebagai trik untuk menarik pengguna di luar pasar China agar lebih mudah mengingat Xiaomi. `Xiaomi` dalam bahasa Tiongkok berarti beras kecil, sedangkan `Mi` memiliki arti beras yang sedikit.

Mi yang ada dalam domain baru tersebut juga menjadi akronim “Mobile Internet” yang secara tidak langsung mengasosiasikan Xiaomi sebagai perusahaan internasional.

Hal itu tentunya sesuai dengan visi dan misi perusahaan yang berusaha untuk mencetak kesuksesan di pasar global, sama seperti yang terjadi di kampung halamannya yaitu China.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini