Sukses

Canggih, Printer 3D Bisa Bangun 10 Rumah Dalam Sehari

Liputan6.com, China - Gambar rumah mungil di atas memang terlihat biasa saja. Tapi siapa yang menyangka kalau tempat berteduh itu dibangun dengan menggunakan sebuah alat pencetakan tiga dimensi alias printer 3D.

Sebuah perusahaan kontruksi asal China, Winsun, telah membuktikan kemampuan printer 3D berukuran besar yang bisa digunakan untuk membangun 10 rumah dalam waktu kurang dari 24 jam. Sebagian besar material berasal dari bahan daur ulang dan hanya menghabiskan dana kurang dari US$ 5.000. 

Printer 3D yang digunakan Winsun digunakan untuk mencetak blok bangunan dengan melapisi campuran semen dan kaca dalam pola yang struktural. Pola cetak diagonal yang dibuat mampu menghasilkan banyak celah udara sebagai isolasi.



Printer canggih itu sendiri memiliki ukuran 6,6  x 10  x 32 meter. Print head yang tersemat di dalamnya terlihat agak seperti pipa mesin pembuat roti yang berfungsi untuk mencampur bahan bangunan. Dengan teknologi ini perusahaan dapat menghemat waktu pengerjaan dan membutuhkan tenaga kerja yang lebih sedikit.

Menurut yang dilansir laman Gizmag, Jumat (25/4/2014), rumah itu sebentar lagi akan diluncurkan secara massal untuk meringankan krisis perumahan di negara-negara berkembang, seperti negara China yang mana pembangunan gedung pencakar langit semakin merajalela.

Winsun berharap, proyek yang tengah dijalankannya ini dapat memberikan manfaat untuk menyediakan perumahan bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini