Sukses

iWatch Datang, iPod Ditendang?

Liputan6.com, California - Meski belum ada konfirmasi resmi dari pihak Apple, desas-desus kehadiran jam tangan pintar iWatch terus mengemuka. Sempat dikabarkan akan meluncur pada kuartal ketiga tahun ini, smartwatch yang kemungkinan besar akan dilengkapi sederet fitur kesehatan itu diprediksi akan meluncur September tahun ini.

Kabar terkini menyebutkan, seorang analis dari Susquehanna Financial Group bernama Christopher Caso memprediksi bahwa kehadiran iWatch akan diposisikan sebagai pengganti lini produk iPod. Bahkan Caso meyakini jika Apple sudah tidak akan lagi memproduksi iPod generasi terbaru.

Dilansir laman Mac Rumors, prediksi Caso terkait masa depan iPod memang sudah bukan rahasia umum lagi. Meski masih diberi dukungan update sistem operasi, namun Apple tampaknya sudah tidak bernafsu untuk memperpanjang hidup alat pemutar musik digital yang kini telah memasuki generasi kelima itu.

iPod sendiri dinilai telah mengubah wajah industri teknologi dan musik dunia selama 12 tahun terakhir. Kehadiran iPod juga bisa dibilang sebagai titik awal keputusan Steve Jobs untuk mengembangkan iPhone. Pada 10 November 2001, Apple meluncurkan iPod pertama, yang awalnya hanya bisa mentransfer lagu berformat MP3 dari iTunes melalui Mac.

iPod generasi pertama itu dipasarkan seharga USD 399, dengan resolusi layar 128 x 160 pixel dan dikemas dengan ruang penyimpanan 5GB yang dapat menyimpan sekitar 1000 lagu. Tak disangka, sepanjang kuartal empat 2011, Apple berhasil menjual iPod sebanyak 125 ribu unit.

Kesuksesan itulah yang membuat Steve Jobs meluncurkan smartphone yang kini dikenal dengan nama iPhone pada 29 Juni 2007. Di saat yang bersamaan, Apple berhasil menjual lebih dari 100 juta iPod, membuatnya menjadi perangkat musik dengan penjualan tercepat dalam sejarah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.