Sukses

Apple Kantongi Profit Rp 118,3 Triliun

Liputan6.com, Jakarta Apple mengumumkan laporan keuangan periode tiga bulanan yang berakhir 29 Maret 2014. Profit yang diraup Apple pada periode tersebut sangat fantastis. Perusahaan asal Cupertino itu berhasil mengantongi profit $ 10,2 milyar (sekitar Rp 118,3 triliun).

Dari sisi pendapatan, menurut yang dilansir laman BBC, Apple melaporkan pendapatan $ 45,6 milyar selama periode tersebut, lebih tinggi dari yang diprediksi Apple sebelumnya.

Sebagian besar pendapatan Apple berasal dari penjualan iPhone. Apple sukses menjual 43,7 juta iPhone pada kuartal tersebut, naik dari 37,4 juta pada kuartal sebelumnya.

Jika penjualan iPhone meningkat, di lain sisi penjualan iPad turun tajam sebanyak 16 persen. Apple hanya menjual 16,3 juta tablet iPad pada periode tersebut.  

Untuk komputer Mac, pada periode tersebut Apple berhasil menjual 4,1 juta Mac. Pada kuartal sebelumnya penjualan komputer Mac Apple hanya 3,9 juta. Total penjualan pemutar musik iPod juga turun tajam menjadi hanya 2,8 juta unit, turun 54% dibanding periode tiga bulan sebelumnya.

"Kami sangat bangga dengan hasil kuartalan kami , terutama penjualan iPhone yang kuat dan rekor pendapatan dari beberapa layanan," kata CEO Apple Tim Cook dalam sebuah pernyataan.

Cook juga mengungkap bahwa Apple telah mengakuisisi 24 perusahaan dalam 18 bulan terakhir untuk memperluas riset dan pengembangan terkait penambahan fitur-fitur dan produk baru.

Seperti diketahui, Apple saat ini bersaing ketat dengan Samsung yang menjual smartphone berbasis sistem operasi Android. Perang pasar di antara keduanya tak terhindarkan. Keduanya bahkan terlibat perang paten sejak tahun 2011.

Terkait penjualan iPad yang turun tajam, Cook dam Chief Financial Officer Lucas Maestri berusaha untuk meyakinkan investor. Menurut Cook, iPad adalah produk dengan penjualan tercepat dalam sejarah Apple. Lebih dari 210 juta iPad telah terjual sejak diluncurkan pada tahun 2010.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.