Sukses

Michael Seibel, Kerja Keras Berbuah Startup Rp 696 Miliar

Tak butuh waktu lama bagi SocialCam untuk dapat menarik perhatian pengguna. Dalam waktu singkat SocialCam diunduh 16 juta kali.

Liputan6.com, Jakarta - Nama Michael Seibel tak dapat dipisahkan dari ekositem startup berbasis video. Pria yang kini berusia 31 tahun ini merupakan co-founder dari dua startup berbasis video ternama, Justin TV dan SocialCam.

Sepak terjang Seibel di dunia startup dimulai sejak 2007 silam saat ia bersama Justin Kan, Emmett Shear dan Kyle Vogt mengembangkan situs video live streaming Justin.tv. Hingga 2011 ia pun menjabat sebagai CEO di Justin.TV.

Sukses dengan Justin.TV, di pertengahan tahun 2011 ia membangun sebuah aplikasi berbagai video, SocialCam. Berdirinya SocialCam sendiri dibantu oleh dua orang sahabatnya, Ammon Bartram dan Guillaume Luccisano.

Tak butuh waktu lama bagi Seibel bersama SocialCam untuk dapat menarik perhatian pengguna. Diciptakan dengan kemampuan terintegrasi dengan media sosial populer seperti Facebook dan Twitter, pada Juli tahun 2012 SocialCam mencatatkan jumlah unduh mencapai 16 juta kali.

"Semua orang akan memandang sebelah mata pada startup berbasis video, dan kami adalah startup berbasis video. Kami harus bekerja keras untuk dapat bertahan hidup. Namun dalam proses tersebut, saya benar-benar yakin jika masa depan aplikasi sosial adalah video!" kata Seibel pada sebuah sesi wawancara dengan situs Readwrite.

Dengan potensi yang ada, SocialCam pun sukses menarik perhatian investor. Berkat dukungan Y Combinator - inkubator startup dalam mencari pemodal - di tahun 2012 SocialCam akhirnya diakusisi oleh Autodesk Inc., perusahaan piranti lunak desain 3D, dengan nilai tebusan mencapai USD 60 juta atau sekitar Rp 696 miliar.

“Video adalah salah satu media yang ideal bagi para profesional dan konsumen untuk saling berkomunikasi dan berbagi ide desain mereka. Kami senang dapat memiliki Socialcam untuk bergabung dalam portofolio aplikasi yang sedang berkembang,” ungkap Samir Hana, Vice President Autodesk Consumer Group, saat menyatakan kepuasannya setelah berhasil mengakuisisi SocialCam seperti yang dilansir laman Business Insider.

Kini setelah SocialCam diakusisi Autodesk, posisi Seibel bergeser menjadi General Manager untuk SocialCam. Pria lulusan Yale University dengan gelar Sarjana Ilmu Politik ini juga menyibukkan dirinya sebagai Senior Partner di Y Combinator dan menjadi pemerhati perkembangan startup.

Kesuksesan dan ilmu pengtahuan Seibel terkait dunia bisnis startup pun kerap dibagikannya pada para pelaku startup. Pada situs resminya Seibel memberi saran, "Anda tidak akan pernah tahu apa yang terjadi sebelum mencoba meluncurkan produk yang Anda ciptakan. Ketika Anda memulainya, maka di saat itu lah proses belajar dan berkembang dimulai."

Michael Seibel dari SocialCam akan hadir di Jakarta pada 7-8 Mei 2014 di acara NXT CON 2014. Anda bisa bertemu mereka di acara konferensi tersebut. Jika berminat hadir, silakan kunjungi www.nxtcon.com.

(dhi/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini