Sukses

Microsoft Akhirnya Benahi Bug di Internet Explorer

Microsoft menyatakan telah merilis update sistem keamanan untuk perambannya, Internet Explorer (IE).

Liputan6.com, Microsoft menyatakan telah merilis update sistem keamanan untuk perambannya, Internet Explorer (IE) yang belakangan diketahui mengalami gangguan bug yang menjadi celah bagi hacker untuk mengirim malware pada komputer secara diam-diam.

Dalam keterangan resminya, Microsoft mengatakan update tersebut juga akan tersedia untuk sistem operasi (OS) Windows XP, meskipun perusahaan penyedia perangkat lunak itu telah menghentikan dukungannya terhadap OS lawas tersebut.

"Walaupun Windows XP tak lagi didukung oleh Microsoft, namun untuk kasus bug yang ada di IE, kami memutuskan untuk memberikan update untuk semua versi Windows XP," kata Adrienne Hall selaku General Manager Trustworthy Computing Microsoft, seperti dikutip dari laman MSDN, Sabtu (3/5/2014).

Langkah ini diambil karena akhir dukungan untuk Windows XP baru dihentikan pada awal April 2014. Microsoft pun menyarankan agar pengguna Windows XP meng-upgrade OS Windows XP yang ada di komputer mereka dengan OS yang lebih modern.

Mengenai gangguan bug itu sendiri, Hall mengklaim bahwa serangan itu tidak sebesar yang diberitakan para awak media. "Hanya ada sedikit serangan akibat bug dan pada kenyataannya tak sebesar yang diberitakan," paparnya.

Sebagai informasi, perbaikan keamanan untuk IE yang dirilis oleh Microsoft sudah tersedia mulai hari ini melalui Windows Update. Lebih lengkapnya, Anda bisa mengakses situs resmi Microsoft melalui tautan ini.

Namun langkah Microsoft memberikan update untuk pengguna Windows XP itu sebenarnya merupakan tindakan yang kurang tepat. Pasalnya, satu update tidak bisa menjamin keamanan untuk selamanya. Sebuah browser membutuhkan update reguler dan perawatan yang berkelanjutan.

Bug yang ditemukan oleh perusahaan keamanan FireEye tersebut memungkinkan kode jahat untuk mencuri data pribadi, memantau aktivitas pengguna secara online, dan mengontrol komputer secara penuh.

Bug tersebut terdapat dalam versi IE 6 hingga IE 11 yang berjalan pada sistem operasi Microsoft Windows Vista, Windows 7, dan Windows 8.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini