Sukses

Bill Gates Tak Lagi Jadi Pentolan Microsoft

Bill Gates menjual beberapa saham miliknya sehingga ia tak lagi menjadi pemegang saham terbesar di Microsoft.

Liputan6.com, Pendiri Microsoft Bill Gates mengambil langkah yang sangat mengejutkan. Belum lama ini ia menjual beberapa saham miliknya sehingga ia tak lagi menjadi pemegang saham terbesar di perusahaan yang dibangunnya dari nol tersebut.

US Securities and Exchange Commission melaporkan bahwa Gates telah menjual 4,6 juta lembar saham miliknya di Microsoft, membuat kepemilikan sahamnya di Microsoft menjadi 330,1 juta lembar saham. Demikian seperti dikutip dari Neowin, Senin (5/5/2014).

Dengan demikian, posisinya kini digantikan oleh mantan CEO Microsoft Steve Ballmer, yang memiliki 333 juta lembar saham Microsoft. Gates telah menjual sebagian sahamnya di Microsoft dalam beberapa tahun terakhir, yang kebanyakan digunakan untuk mendukung kegiatan non-profit yang diusung bersama istrinya yaitu Bill & Melinda Gates Foundation.

Pun demikian, Gates tetap menduduki posisi teratas sebagai orang terkaya di dunia dikarenakan saham Gates tersebar di berbagai perusahaan lain. Dengan kata lain, jumlah kekayaan Gates tidak berkurang.

Selain dikenal sebagai pengusaha sukses, Gates adalah seorang philanthropist yang aktif dalam bidang kemanusian. Ia tak segan menyumbangkan dana besar untuk memerangi penyakit atau masalah sosial yang terjadi di beberapa negara miskin dan berkembang.

Awal April 2014, melalui Bill & Melinda Gates Foundation, Gates bertandang ke Jakarta untuk menghadiri kegiatan sosial The Indonesia Health Fund. Dalam acara tersebut, Gates turut mendonasikan dana sebesar US$ 40 juta atau sekitar Rp 451,3 miliar.

Dana tersebut rencananya akan digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan di Indonesia yaitu malaria, TBC, HIV-AIDS, demam berdarah, dan Keluarga Berencana (KB).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.