Sukses

Rahasia Agar Jualan Laris Manis di Jejaring Sosial

Fenomena penggunaan internet yang semakin meluas, juga menjadi peluang bagi para pengguna internet (netter) untuk menjual produk.

Liputan6.com, Jakarta - Jejaring sosial kini bukan lagi sekedar media yang bisa digunakan untuk menjalin kedekatan dengan orang-orang dekat, seperti keluarga, teman, dan rekan kerja. Fenomena penggunaan internet yang semakin meluas, juga menjadi peluang bagi para pengguna internet (netter) untuk menjual produk mereka menggunakan jejaring sosial.

Facebook, Instagram, dan Twitter, merupakan jejaring sosial yang kerap digunakan oleh pengguna yang ingin berjualan di dunia maya. Namun menjaring banyak follower atau konsumen agar pemasaran produk lebih luas kerap menjadi salah satu tantangan.

Ingin sukses berjualan di jejaring sosial? Tips berikut ini bisa diikuti, sebagaimana dilansir laman Social Media Examiner, Senin (5/5/2014).

1. Perluas pertemanan di jejaring sosial

Logo bukan hal terpenting dalam berjualan menggunakan jejaring sosial, melainkan koneksi. Untuk itu netter harus memperluas jaringan sosial, agar bisa mendapatkan follower atau konsumen yang lebih banyak.

Agar lebih efektif, maka selain si penjual, sebisa mungkin ajak teman-teman Anda juga ikut aktif di jejaring sosial.

2. Pasang iklan di Facebook

Penjual bisa memasang iklan di Facebook. Raksasa jejaring sosial ini dinilai merupakan salah satu media efektif bagi bisnis kecil saat ini.

3. Ramah terhadap konsumen

Tak ada konsumen yang mau mampir ke lapak online Anda jika Anda tidak ramah merespons pertanyaan konsumen tentang informasi produk yang Anda jual. Agar jualan online laris, ramah terhadap konsumen adalah salah satu kunci sukses berjualan online.

Selain itu, posting-lah beberapa informasi yang bermanfaat terkait produk Anda tersebut. Misalnya, jika Anda berjualan baju, cobalah share beberapa tips menarik tentang cara memilih bahan baju yang nyaman dan sebagainya. Jadi, konsumen Anda juga bisa mendapat wawasan lain, tidak hanya produk.

4. Promosi berbayar

Cara lain agar bisnis bisa sukses di dunia maya adalah menggunakan promosi berbayar. Ini merupakan hal yang bisa dilakukan untuk memperluas pemasaran, tidak hanya bergantung dari promosi gratis teman-teman di jejaring sosial.

Dengan begini, tidak hanya bisa mendapatkan follower lebih banyak, tapi juga keuntungan. Promosi berbayar ini bisa dilakukan sesama akun yang berjualan di jejaring sosial, sehingga bisa saling menguntungkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.