Sukses

Sebelum Beli Smartphone, Baca Dulu Tips Ini

Sebelum membeli smartphone baru, sebaiknya lakukan dulu riset dan cari tahu apa keinginan dan kebutuhan Anda menggunakan smartphone.

Liputan6.com, Jakarta - Smartphone bisa membuat hidup lebih mudah. Dengan pilihan yang tepat, kehadiran berbagai fitur pun akan terasa lebih bermanfaat seperti email, penunjuk arah, berbelanja, mendengarkan musik, hingga menonton video.

Kadang kala, sejumlah orang bingung dalam memilih smartphone. Berbagai pertimbangan pun hadir, mulai dari sistem operasi (OS) yang tepat hingga soal harga.

Untuk mendapatkan smartphone terbaik, tentu harga menjadi hal utama yang harus dipikirkan pengguna. Namun, baik smartphone dengan harga terjangkau atau kelas premium, pengguna harus terlebih dahulu melakukan 'riset' dan mengetahui yang benar-benar diinginkan dan dibutuhkan, sehingga perangkat tersebut berguna.

Masih bingung menentukan smartphone yang tepat? Berikut tips yang bisa diikuti, sebagaimana dilansir How Stuff Works dan ditulis Rabu (7/5/2014).

1. Pastikan Anda memang membutuhkan smartphone
Meski tampak sepele, tapi langkah pertama sebelum memutuskan memilih smartphone adalah harus benar-benar memastikan bahwa Anda memang membutuhkan perangkat tersebut. Lalu bagaimana Anda tahu kalau benar-benar membutuhkan sebuah smartphone?

Hal pertama adalah perhatikan bagaimana penggunaan ponsel Anda saat ini. Jika ingin lebih terkoneksi, seperti selalu update dengan tweet terbaru, termasuk berita, maka memiliki smartphone adalah pilihan tepat.

Terlebih jika harus terhubung sepanjang waktu saat bekerja, seperti untuk email. Pertimbangan lainnya jika gaya hidup memiliki tuntutan kebutuhan transportasi publik, maka berbagai fitur di smartphone bisa sangat berguna untuk mendapatkan informasi yang diperlukan. Selain itu, jika menginginkan MP3 player dan GPS berada di dalam satu perangkat, maka smartphone menjadi pilihan tepat.

Memiliki smartphone berarti semua hal bisa terhubung dengan email kantor, media sosial, hingga berbagai website. Kendati demikian, tidak semua orang ingin terhubung ke semua layanan internet.

2. Cari operator yang tepat
Memilih operator yang tepat juga kerap membuat bingung. Setiap perusahaan telekomunikasi memiliki berbagai layanan dan cakupan jaringan yang berbeda.

Untuk memilih operator yang tepat, pastikan kualitas jaringan telekomunikasi operator tersebut ada di tempat tinggal atau area yang sering Anda kunjungi. Memiliki smartphone mahal tidak akan berguna jika Anda tidak bisa terhubung ke internet atau mendapatkan kualitas panggilan telepon yang buruk. Jangan lupa membandingkan harga dan paket data yang ditawarkan berbagai operator, pilih yang sesuai kebutuhan Anda.

3. Siapkan dana
Harga smartphone dan paket data adalah dua pertimbangan soal dana. Untuk harga smartphone, program promosi dan diskon bisa menjadi 'peluang manis' jika ternyata smartphone impian Anda dijual dengan harga jauh lebih murah.

Namun sebagai catatan, pastikan bahwa biaya Anda sesuai dengan smartphone yang diinginkan. Sedangkan untuk biaya paket data, jika ingin menggunakan smartphone untuk mengunduh aplikasi, game, dan film, maka Anda harus menyiapkan biaya yang cukup besar.

4. Pilih OS yang sesuai
Sistem operasi (OS) smartphone adalah platform yang digunakan untuk menjalankan berbagai program. Saat ini Android dan iOS adalah dua OS mobile terpopuler di pasar smartphone. Di luar itu, Windows Phone dan BlackBerry OS juga bisa menjadi pilihan.

Masing-masing OS memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Misalnya BlackBerry yang unggul dengan layanan email, tapi tidak memiliki begitu banyak aplikasi. Untuk pilihan berbagai aplikasi, iOS dan Android bisa menjadi pilihan.

Sedangkan Windows Phone memiliki keunggulan jika ingin melakukan pekerjaan di smartphone. Mengingat OS ini merupakan versi mobile Windows yang banyak berjalan di komputer, maka pengguna bisa dengan mudah bekerja menggunakan aplikasi produktivitas seperti dokumen di ponsel.

5. Pilih smartphone yang nyaman digunakan
Setelah empat tips di atas, maka hal lain yang harus dilakukan sebelum membeli smartphone adalah mencobanya terlebih dahulu. Seperti soal kenyamanan layar sentuh atau trackball saat digunakan.

Hal lainnya yang bisa dilakukan dengan menjajal keyboard dan kemudahan berpindah antar aplikasi. Agar lebih mantap memilih, baca berbagai ulasan yang diberikan konsumen di internet mengenai smartphone yang akan dibeli.

Selamat memilih smartphone!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini