Sukses

Kiat Sukses Bangun Startup dari Pendiri 9Gag

Pendiri startup 9Gag.com, Ray Chan, berbagi kiat sukses bagaimana membangun startup. Salah satunya harus bergelar P.H.D.

Liputan6.com, Jakarta - Situs 9Gag.com dikenal dengan ramainya postingan gambar-gambar lucu atau meme. Sang pendiri startup, Ray Chan, bahkan tak menyangka situs tersebut bisa populer seperti sekarang ini karena awalnya hanya dijadikan sebagai proyek sampingan.

Di acara konferensi teknologi NXTCON 2014 yang digelar di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, 7-8 Mei 2014, pria asal Hong Kong ini berbagi kiat sukses bagaimana membangun startup.

Pria berkacamata ini mengungkapkan bahwa untuk sukses Anda harus bergelar P.H.D. Eits tunggu dulu, maksudnya bukanlah gelar akademis Doctor of Philosophy (Ph.D). P.H.D yang dimaksud Chan untuk memulai sebuah perusahaan dan sukses dengan Passion, Hustle, dan Determination.

Artinya, Anda harus benar-benar menemukan yang disukai, sehingga bisa berkarir di dalamnya dan menjadi bagian dari hidup. Selain itu, juga harus bekerja keras di semua aspek dan menikmatinya, serta optimis.

"Cintai apa yang Anda lakukan dan Anda harus menikmatinya. P.H.D ini adalah yang Anda butuhkan ketika memulai sebuah perusahaan," kata Chan yang juga merupakan CEO 9Gag.

Tak hanya itu, ketika telah membangun usaha maka masih ada hal lain yang harus dilakukan yaitu A.C.T yaitu Audience, Consistency, dan Testing. Diungkapkan Chan, selain harus mengetahui kriteria 'target', perusahaan juga harus konsisten.

"Jika ingin menjadi platform yang bagus, maka kita harus konsisten untuk membuat konten yang juga bagus," sambungnya.

Sedangkan yang terakhir yaitu testing atau pengujian. 9GAG, kata Chan, meski telah memiliki penggemar yang banyak tetap selalu berusaha menghadirkan konten-konten yang disukai oleh orang-orang.

"Terkadang kami melakukan banyak pengujian di situs kami untuk melihat apa yang sebenarnya disukai audience. Dari semuanya, Anda harus menikmati apa yang Anda kerjakan," ungkapnya.

9Gag sendiri awalnya dimulai sebagai 'proyek sampingan yang menyenangkan'. Ini sesuai dengan slogan situsnya 'just for fun'. Situs yang berdiri sejak 2008 ini semakin populer, di antaranya dengan memiliki 11 juta like Facebook dan 2,54 juta follower Twitter.

Pada Juli 2012, 9Gag mendapatkan suntikan dana dari perusahaan venture capital yang berbasis di Sillicon Valley senilai US$ 2,8 juta. 9Gag kemudian merilis aplikasi untuk iOS dan Android.

(din/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini