Sukses

Oculus Rift Bisa Buat Si Pemakai Terbang Seperti Burung?

Simulator penerbangan menggunakan Oculus Rift bertujuan untuk menyuguhkan pengalaman terbang layaknya seekor burung.

Liputan6.com, Swiss - Tak hanya dimanfaatkan oleh para gamers, Oculus Rift yang dikenal sebagai produk headset virtual reality, belakangan ini banyak digunakan oleh perusahaan maupun pemerintah untuk memaksimalkan kinerja mereka.

Kali ini tim peneliti dari Swiss tengah mengembangkan proyek simulator penerbangan menggunakan Oculus Rift yang bertujuan untuk menyuguhkan pengalaman terbang layaknya seekor burung. Proyek yang dijuluki Birdly ini tengah diuji coba kepada beberapa peserta.

Mengutip laman Telegraph, Sabtu (10/5/2014), dalam simulator yang disuguhkan, para peneliti dengan seksama menampilkan tayangan virtual yang seakan-akan tubuh para peserta adalah seekor burung Red Kite - dengan sayap yang dikendalikan lewat tangan dan lengan.

Struktur gerakan juga telah diciptakan untuk meniru skema penerbangan burung. Sementara itu pandangan mata burung ketika terbang, dihantarkan langsung melalui Oculus Rift. Untuk memaksimalkan sensasi penerbangan, peneliti memberikan efek angin dan indra olfactoric.

Dengan demikian, selama simulasi penerbangan berlangsung, para peserta akan merasakan aroma manis dari pohon pinus yang terhampar di hutan serta aroma lainnya dari padang gurun dan sensasi angin yang berasal dari kipas angin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.