Sukses

Xbox One Akan Lampaui Penjualan PS4 Tahun Depan

Analis memprediksi angka penjualan Xbox One dapat melampaui PS4 di sejumlah wilayah seperti Amerikas Serikat dan Kanada.

Liputan6.com, Jakarta - Strategi Microsoft yang memutuskan untuk menjual Xbox One secara terpisah tanpa aksesoris navigasi gerak Kinect, dan menurunkan harga jualnya menjadi setara dengan PlayStation 4 diniliai sebagai langkah yang sangat positif.

Analis sekaligus Research Manager International Data Corporation (IDC), Lewis Ward, memprediksi angka penjualan Xbox One dapat melampaui PS4 di tahun 2015 mendatang di sejumlah wilayah seperti Amerikas Serikat dan Kanada.

"Perubahan strategi bisnis yang dilakukan Microsoft akan cukup untuk mendorong Xbox One lebih tinggi daripada PS4 di Amerika Serikat dan di Kanada pada 2015," papar Ward seperti yang dilansir laman IGN, Jumat (16/5/2014). 

Namun Ward menjelaskan, angka penjualan PS4 masih akan lebih unggul dari Xbox One bila dilihat secara global.

Selain Ward, seorang analis dari lembaga finansial RW Baird, Colin Sebastian, juga memuji keputusan pemangkasan harga yang diambil Microsoft.

Akan tetapi Sebastian tidak berani menyatakan bahwa angka penjualan Xbox One akan dapat melampaui PS4 dalam waktu tertentu. Ia hanya menyebutkan jika keputusan Microsoft itu diyakini mampu mendongkrak penjualan konsol Xbox One dengan cukup signifikan.

Sebelumnya Vice President Xbox Yusuf Mehdi telah secara resmi mengumumkan bahwa kini pihaknya telah menyediakan paket penjualan Xbox One secara terpisah tanpa Kinect. Hal ini dilakukan agar harga jual Xbox One tidak terlalu mahal dan setara dengan PS4, yaitu US$ 399.

Bila tak ada perubahan, Mehdi menyatakan bahwa Xbox One versi tanpa Kinect akan mulai dipasarkan per 9 Juni 2014 mendatang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.