Sukses

Odin, Android Mungil yang Bisa Jadi Komputer dan TV

Dengan spesifikasi yang ada, bisa dibilang Odin mampu menggantikan fungsi komputer atau televisi, namun dengan ukuran yang lebih ringkas.

Liputan6.com, Ada beberapa Komputer mungil yang saat ini beredar di pasaran. Namun dalam pengoperasiannya, pengguna tetap memerlukan perangkat tambahan seperti monitor atau kabel.

Untuk membuatnya semakin simpel, perusahaan teknologi Dos Owls merancang perangkat mini berbasis Android yang memiliki fungsi layaknya komputer dan televisi. Ukurannya hanya 4,3 x 6 x 1,8 inci dan berat kurang dari 1 kg atau tepatnya 997 gram.

Layaknya perangkat Android lainnya, gadget yang dijuluki Odin ini memiliki akses ke toko aplikasi Google Play Store guna memperoleh aplikasi untuk aktivitas hiburan atau produktivitas.

Sebagai pengganti monitor, Odin dilengkapi lensa proyektor 0,3 inci dengan lampu LED sebagai sumber cahaya untuk memancarkan gambar beresolusi 854 x 480 piksel. Gambar yang ditampilkan diklaim cukup jernih sehingga bisa digunakan untuk presentasi. 

Untuk mendukung kinerja, perangkat ini ditopang prosesor quad-core 1.6 GHz Cortex A9, RAM 2 GB, pilihan kapasitas penyimpanan 8/16/64 GB, koneksi Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth, dan sistem operasi Android 4.4 KitKat. Demikian seperti dikutip dari laman BGR, Minggu (18/5/2014).

Odin juga telah dipersenjatai dengan port HDMI, USB, dan baterai 2.500 mAh yang bisa dilepas atau diisi ulang. Baterai yang ada diklaim bisa diapakai hingga 45 menit dalam modus hiburan dan 6 jam jika cuma digunakan untuk mendengarkan musik.

Dengan spesifikasi tersebut, bisa dibilang Odin mampu menggantikan fungsi komputer atau televisi, namun dengan ukuran yang lebih ringkas sehingga dapat dengan mudah dibawa berkeliling.

Berminat? Odin rencananya akan dipasarkan di platform pendanaan Kickstarter mulai 28 Mei 2014 dengan harga US$ 495 atau sekitar Rp 5,6 juta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.