Sukses

Atari, Mantan Raja Game Rambah Bisnis Smartwatch

Hardware yang dimaksud bukanlah sebuh produk konsol game, melainkan jam tangan pintar yang dikhususkan untuk bermain game.

Liputan6.com, Paris - Jika saat ini industri konsol game didominasi oleh Sony dan Microsoft, maka di era 80 dan 90-an ranah bisnis itu dikuasai oleh Nintendo dan Atari.

Berbeda dengan Nintendo yang hingga kini masih kelihatan 'batang hidungnya', Atari, perusahaan yang kini berbasis di Paris - Perancis itu justru sekan kehilangan taringnya sejak memasuki era 2000-an. Tak ada satu pun produk besutan Atari yang menjadi hype di pasaran. 

Namun di tahun 2014, gairah bisnis Atari dilaporkan diam-diam mulai kembali menggeliat. Pada sebuah kesempatan wawancara khusus dengan situ GamesBeat, CEO Atari Frederic Chesnais mengatakan bahwa perusahaannya akan segera kembali bersaing di industri hardware game global.

Meski begitu, ia menjelaskan bahwa hardware yang dimaksud bukanlah sebuh produk konsol game, melainkan jam tangan pintar yang dikhususkan untuk bermain game.

"Kami sedang mempersiapkan sesuatu yang bukan sekedar software, melainkan hardware. Tapi saya juga tidak membicarakan tentang sebuah konsol game baru, tapi lebih pada sebuah jam tangan untuk bermain game," ungkap Chesnais seperti yang dilansir laman Gamespot, Kamis (22/5/2014).

Namun sayang, sang CEO tidak memberikan pemaparan lebih lanjut terkait konsep jam tangan pintar khusus game yang tengah dikerjakan oleh perusahaannya itu.

Bila kita melihat ke belakang, sejarah Atari sebagai sebuah perusahaan memang bisa dikatakan cukup pelik. Setelah sukses di periode 1972-1984, Atari mengganti nama perusahaan menjadi Atari Games.

Namun penggantian nama itu justru menjadi seperti penanda awal kemerosotan performa Atari. Hingga pada akhirnya di tahun 1998 mereka dibeli dan menjadi bagian dari Hasbro Interactive.

Itu pun hanya berlangsung selama kurang dari 3 tahun. Di awal 2001 Hasbro Interactive juga mengalami performa perusahaan yang buruk dan akhirnya diakusisi oleh perusahaan software asal Prancis, Infogrames. Nama Atari Games pun kembali diubah menjadi Atari SA hingga saat ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini