Sukses

Paus Fransiskus Benci Dengan Facebook?

Paus Fransiskus kerap menggunakan Twitter untuk menyebarkan pesan-pesannya. Namun, kenapa ia tidak mau memakai Facebook?

Liputan6.com, Sejak membuka akun Twitter pada Desember 2012, akun Twitter Paus Fransiskus, @Pontifex langsung meroket. Hingga hari ini ia tercatat memiliki lebih dari 4 juta followers. Pemilik nama asli Jorge Mario Bergoglio ini menggunakan Twitter untuk menyebarkan pesan-pesannya.

Akan tetapi, kenapa ia tidak mau memakai Facebook? Menurut Uskup Agung yang bertanggung jawab atas media sosial untuk Vatikan, Claudio Maria Celli, alasannya adalah karena akan ada banyak peluang bagi kritikus untuk menulis komentar yang bersifat profan atau hal yang tidak berkaitan dengan agama.

"Beberapa kardinal khawatir tentang komentar profan yang kerap diterima @Pontifex di Twitter. Masalah ini menyebabkan 'krisis' di Vatikan ketika akun Twitter itu diluncurkan," kata Celli seperti dikutip dari CBN News, Jumat (23/5/2014).

Agar Paus Fransiskus mau menggunakan jejaring sosial terbesar itu, salah satu petinggi Facebook sampai-sampai berkunjung ke Vatikan untuk membujuknya bergabung dengan Facebook. Namun Paus Fransiskus tetap menolak.

Paus Fransiskus sendiri bukanlah Paus pertama yang menggunakan internet atau sosial media di dunia maya. Pendahulunya yaitu Paus Benediktus XVI adalah Paus pertama yang menggunakan Twitter. Sementara Paus John Paul II adalah Paus pertama yang memuji internet pada tahun 2001.

Vatikan juga diketahui telah meluncurkan halaman Facebook dan sebuah portal berita online, News.va, yang dapat diunduh sebagai aplikasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini